IMPLEMENTASI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANTIN MU'AWANAH, 126201212158 (2025) IMPLEMENTASI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Aktivitas Keagamaan dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Antin Mu’awanah, NIM 126201212158, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi Aktivitas Keagamaan, Akhlakul Karimah Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan aspek kognitif peserta didik, tetapi juga berperan penting dalam membentuk karakter dan akhlakul karimah. Berbagai lembaga pendidikan terus mengembangkan program dan metode keagamaan untuk membina akhlak peserta didik agar terbentuk pribadi muslim yang bermoral. Implementasi aktivitas keagamaan di sekolah menjadi sarana penting dalam proses ini, dan keberhasilannya sangat bergantung pada metode yang digunakan guru dalam membimbing peserta didik memahami serta mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan, keteladanan, nasihat, serta pemberian penghargaan dan hukuman dalam aktivitas keagamaan untuk membina akhlakul karimah peserta didik di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Wakil Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi), uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pembiasaan aktivitas keagamaan dilakukan secara terprogram melalui kegiatan harian, mingguan, dan tahunan yang meliputi kegiatan berjabat tangan, pembacaan asmaul husna, tahsin, serta shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, madin, Jum’at berkah, infaq, yasin dan tahlil bersama, serta peringatan hari besar Islam. Aktivitas ini secara rutin dilaksanakan untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik seperti kebiasaan ibadah sunnah dan wajib, perbaikan bacaan serta gerakan shalat, serta penanaman sikap sopan, peduli, dan dermawan. (2) Implementasi keteladanan dalam aktivitas keagamaan dilakukan melalui keteladanan guru dalam berbagai kegiatan keagamaan yang berlangsung. Guru juga menjadi contoh dalam hal kesopanan berbusana dan kesantunan dalam berinteraksi. Keteladanan ini mendorong terbentuknya akhlakul karimah pada peserta didik, seperti berpakaian sopan, bersikap hormat, menunjukkan rasa syukur, kepedulian sosial, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. (3) Implementasi pemberian nasihat dalam aktivitas keagamaan disisipkan dalam proses pembelajaran, kegiatan tahsin, serta ceramah pada peringatan hari besar Islam. Nasihat yang diberikan berfokus pada pembinaan akhlakul karimah peserta didik, khususnya dalam membentuk sikap disiplin beribadah, santun dalam bertutur kata, dan menghormati orang yang lebih tua. (4) Implementasi metode penghargaan diberikan dalam bentuk pujian kepada siswa yang menunjukkan perilaku positif, sedangkan hukuman berupa penulisan kalimat thayyibah diterapkan kepada siswa yang belum menunjukkan perbaikan perilaku. Metode ini efektif dalam menumbuhkan sikap taat aturan, disiplin, bijaksana, dan bertanggung jawab pada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212158 ANTIN MU'AWANAH
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:15
Last Modified: 11 Jul 2025 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59316

Actions (login required)

View Item View Item