YUSY IRONNA, 2811133284 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ARYOJEDING KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (154kB) |
||
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (127kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Cetak dan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Aryojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Yusy Ironna, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci:Media Cetak, Media Audio Visual, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dalam setiap pembelajaran merupakan suatu hal yang penting bagi guru maupun siswa di madrasah. Apalagi setiap materi memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Dan dalam hal ini materi pelajaran tersebut memerlukan alat bantu dalam penyampaiannya. Yang mana kerumitan materi yang akan disampaikan kepada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh penggunaan media cetak terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits? (2) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara penggunaan media cetak dan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media cetak terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara penggunaan media cetak dan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung, dengan responden sebanyak 106 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dengan cara penyebaran angket dengan jumlah soal 52. Serta nilai raport siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada semester ganjil. Penyebaran data pada pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Semua data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil uji t tampak bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dan hasil perolehan analisis thitung = 5,249 lebih besar dari ttabel = 1,98. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media cetak terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits dengan tingkat signifikansi 95%. Besarnya pengaruh penggunaan media cetak terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits adalah 20,9% dan selebihnya 79,1% disebabkan oleh faktor lain. (2) Berdasarkan hasil uji t tampak bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dan hasil perolehan analisis thitung = 4,285 lebih besar dari ttabel =1,98. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits dengan tingkat signifikansi 95%. Besarnya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits adalah 15% dan selebihnya 85% dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Berdasarkan hasil uji F tampak bahwa hasil perolehan analisis Fhitung = 18,722 lebih besar dari Ftabel = 3,08. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan media cetak dan media audio visual terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Besarnya pengaruh penggunaan media cetak dan media audio visual secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits adalah 26,7% dan selebihnya 73,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133284 Yusy Ironna |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 02:46 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5934 |
Actions (login required)
View Item |