PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG HURUF TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA KELOMPOK A DI TK AL-HIDAYAH BENCE 03

NISHFI LAILY SYABANA, 126206212060 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG HURUF TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA KELOMPOK A DI TK AL-HIDAYAH BENCE 03. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di TK Al-Hidayah 03 Bence ini ditulis oleh Nishfi Laily Syabana, NIM. 126206212060, dengan pembimbing/promotor Ana Falera, M.Pd Kata Kunci: Media Wayang Huruf, Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak di TK Al-Hidayah Bence 03 yang belum mahir dalam kemampuan keaksaraan awal. Anak anak di TK Al-Hidayah Bence 03 sering kali kesulitan dalam membedakan dan menyebutkan beberapa huruf konsonan yang memiliki simbol hampir sama seperti huruf b dan d, p dan q, k dan t, c dan e, m dan n, m dan w. Hal tersebut disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama ini belum menerapkan model pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan sehingga anak cepat merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut menjadikan anak kurang termotivasi dalam kegiatan belajar. Penggunaan media wayang huruf dalam proses pembelajaran dapat membantu meningkatkan perkembangan keaksaraan awal pada anak. Media wayang huruf dapat memotivasi anak sehingga anak tidak mudah merasa bosan pada saat proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media wayang huruf berpengaruh terhadap kemampuan kekaksaraan anak pada usia 4-5 tahun kelompok A di TK Al Hidayah Bence 03?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media wayang huruf terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Al-Hidayah Bence 03 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah TK se-kecamatan Garum yang berjumlah 36 sekolahan dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 28 anak dengan 14 anak pada kelompok A1 dan 14 anak pada kelompok A2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa uji independent samples t-test menunjukan nilai rata rata kemampuan keaksaraan awal sebesar 5,286 dengan taraf kepercayaan 95% dan hasil sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun pada kelompok A di TK Al Hidayah Bence 03.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212060 NISHFI LAILY SYABANA
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:35
Last Modified: 11 Jul 2025 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59349

Actions (login required)

View Item View Item