HAME RISTA INDRI YANI, 126308212196 and USWAH WARDIANA, 197002091999032001 (2025) HUBUNGAN CITRA DIRI (SELF IMAGE) DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM PEMBELIAN KOSMETIK PADA MAHASISWI PSIKOLOGI ISLAM UIN SATU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Citra Diri (Self-Image) Dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Kosmetik Pada Mahasiswi Psikologi Islam UIN SATU Tulungagung” Kata kunci: Citra Diri, Perilaku Konsumtif, Mahasiswi. Perilaku konsumtif merupakan kegiatan membeli barang atau produk yang diperlukan oleh individu, namun sebagian orang seringkali melakukan perilaku konsumtif dengan berlebihan dan hanya untuk kepuasan semata sehingga mengakibatkan individu menjadi boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris hubungan antara citra diri dengan perilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik pada mahasiswi psikologi islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Citra diri adalah sebuah konsep yang menggambarkan bagaimana seseorang memandang, merasakan, dan mengevaluasi dirinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan citra diri dengan perilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik pada mahasiswi Psikologi Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlan 140 orang mahasiswi Program Studi Psikologi Islam angkatan 2021 dan 2022 UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Data penelitian ini diperoleh dari instrument penelitian menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara citra diri (self-image) dengan perilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik dengan nilai koefisien korelasi bernilai negatif sebesar 0,142, dimana nilai sif. (p-hitung) = 0,048 atau p < 0,05 yang berarti semakin rendah citra diri (self image) mahasiswi, maka semakin tinggi perilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik dan begitupun sebaliknya. Semakin tinggi citra diri (self image) mahasiswi, maka semakin rendah perilaku konsumtif dalam pembelian kosmetik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi kepribadian |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308212196 HAME RISTA INDRI YANI |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:49 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |