PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IX SMPN 2 TULUNGAGUNG

SALINDRI DEWIARTI, 126210212103 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IX SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Salindri Dewiarti. NIM 126210212103. Skripsi berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Roda Berputar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IX SMPN 2 Tulungagung. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, penulisan skripsi ini dibimbing oleh Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Roda Berputar, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur Penelitian ini ditulis berdasarkan adanya permasalahan mengenai kurangnya inovasi media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Tulungagung, terutama pada materi menulis teks prosedur, dimana pendidik masih mengandalkan buku ajar dan lembar kerja peserta didik yang hanya menyajikan intisari materi dan latihan soal tanpa memaksimalkan media pembelajaran menarik seperti roda berputar untuk mengembangkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini memfokuskan kajian pada bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran roda berputar terhadap keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung, dengan tujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran roda berputar terhadap keterampilan menulis teks prosedur peserta didik. Kajian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental dengan rancangan pre-eksperimental. Model eksperimen yang diterapkan adalah One Group Pretes-Posttest Design, dimana nilai awal (pretest) diambil sebelum peserta didik belajar menggunakan media roda berputar, sementara nilai akhir (posttest) dilakukan setelah peserta didik selesai belajar dengan media roda berputar. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang diteliti berjumlah 36 peserta didik kelas IX-I SMP Negeri 2 Tulungagung. Semua data yang telah dikumpulkan melalui tes kemudian diproses dengan analisis statistik uji-T. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan nilai rata-rata pretest peserta didik sebesar 58,06, kemudian meningkat signifikan menjadi 91,25 pada posttest setelah penggunaan media pembelajaran roda berputar. Analisis perbandingan menghasilkan nilai sig. 0,000 <0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini membuktikan bahwa media pembelajaran roda berputar memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210212103 SALINDRI DEWIARTI
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:04
Last Modified: 11 Jul 2025 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59358

Actions (login required)

View Item View Item