PENGARUH PENERAPAN BUDAYA LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN 10 BLITAR

NAFIATUL FITRIA, 126209211028 (2025) PENGARUH PENERAPAN BUDAYA LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Penerapan Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII MTSN 10 BLITAR ini ditulis oleh Nafiatul Fitria, NIM. 126209211028, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Penerapan budaya literasi dan hasil belajar Penelitian ini didasari oleh beberapa faktor, diantaranya banyak peserta didik yang masih menganggap membaca sebagai aktivitas yang kurang menarik dan hanya dilakukan ketika diperlukan untuk menyelesaikan tugas akademik. Hal ini terlihat dari minimnya inisiatif siswa dalam membaca secara mandiri tanpa adanya dorongan dari pendidik. Selain itu, Perpustakaan MTsN 10 Blitar belum menyediakan koleksi buku yang beragam sehingga membatasi kesempatan siswa untuk memperkaya wawasan mereka dengan berbagai jenis bacaan, Hasil belajar yang kurang optimal. Rendahnya budaya literasi tercermin dari capaian akademik siswa yang belum optimal terutama dalam mata pelajaran IPS. Tanpa keterampilan literasi yang memadai, siswa kesulitan memahami isi bacaan, menjawab soal esai, atau menyusun argumen logis, yang akhirnya berdampak negatif pada nilai hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode korelasional denga uji korelasi dan uji T-test. Jumlah sampel adalah penelitian ini sebanyak 38 peserta didik. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas VII MTSN 10 BLITAR. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel populasi dimana semua populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan melakukan test, angket sebelum dan sesudah perlakuan. Dalam membuktikan dan menganalisis data peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas sebagai uji pra penelitian, uji normalitas, homogenitas sebagai uji prasyarat, serta uji pairet sampel t-test dan korelasi untuk uji hipotesis. Tujuan penelutian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan penerapan budaya literasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII MTSN 10 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan budaya literasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas VII di MTSN 10 Blitar. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan sebesar 0,400 yang menunjukkan antara penerapan budaya literasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mempunyai tingkat hubungan sedang. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pelaksanaan penerapan budaya literasi pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTSN 10 BLITAR. Dari hasil pengujian T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pada pre-test dan post-test sebesar 0,000. Sedangkan hasil t hitung juga menunjukkan bahwa sebesar 11,035 dengan perbandingan t tabel sebesar 2,00 yang berarti bahwa t hitung > dari t tabel dapat disimpulkan juga penerapan budaya literasi berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211028 NAFIATUL FITRIA
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:19
Last Modified: 16 Jul 2025 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59374

Actions (login required)

View Item View Item