HILWA FATMATUS ZAHRO, 126207212066 (2025) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (738kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Hilwa Fatmatus Zahro, NIM 126207212066. Efektivitas Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN 3 Tulungagung. Skripsi. Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Efektivitas, Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif, serta kebutuhan untuk mengetahui efektivitas manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan sejauh mana pencapaian tujuan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan dan memahami integrasi progam manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kesiswaan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan madrasah dalam menjaga dan meningkatkan kedisplinan siswa di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Tim Kedisiplinan dan Peserta didik MAN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan membentuk tim kedisiplinan siswa dan membuat peraturan tata tertib dengan sistem poin. Mereka juga mengadakan rapat rutin dengan guru dan staff untuk membahas permasalahan kedisiplinan siswa dan membuat peraturan punishment untuk memberikan efek jera kepada siswa yang melakukan pelanggaran. 2) Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan Tim Kedisiplinan menyadari bahwa peran guru, warga Madrasah, dan orang tua sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Mereka harus bekerja sama untuk mengawasi, memotivasi, dan mendukung siswa dalam melaksanakan kedisiplinan. 3) Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan Tim Kedisiplinan meningkatkan kesadaran siswa tentang sistem poin dan pentingnya kedisiplinan melalui program-program efektif seperti pelatihan dan sosialisasi. Dengan demikian, siswa memahami sistem poin dan menyadari pentingnya kedisiplinan, sehingga kedisiplinan dan kemajuan siswa meningkat berkat komunikasi yang baik dan hubungan positif antara guru dan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207212066 HILWA FATMATUS ZAHRO |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:07 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |