JAMIATUS SHOLIHAH, 126204211039 (2025) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS X MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Jamiatus Sholihah, NIM 126204211039. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra.Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian, Ektrovert, Introvert, Barisan dan Deret Aritmetika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pendidikan matematika. Berdasarkan hasil observasi, siswa menunjukkan karakter yang beragam dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada materi barisan dan deret. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut adalah tipe kepribadian, seperti ekstrovert dan introvert yang memiliki peran penting dalam menentukan strategi penyelesaian masalah matematika. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematika dengan tipe kepribadian siswa. Analisis kemampuan pemecahan masalah didasarkan pada tahapan yang dikemukakan oleh Polya, yaitu memahami masalah, merumuskan rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert, (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan tipe kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan diikuti seluruh siswa kelas X-B2 yang berjumlah 35 siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan 2 siswa dengan tipe kepribadian introvert. Metode pengumpulan data berupa angket, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert hanya mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah Polya, yaitu merumuskan rencana dan melaksanakan rencana, (2) Siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah Polya, yaitu memahami masalah, merumuskan rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211039 JAMIATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |