RISTIKA SYIFAUL FAUZIYYAH, 126201212097 (2025) INTEGRASI NILAI-NILAI AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PLEMAHAN, KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadits Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Plemahan, Kediri” ini ditulis oleh Ristika Syifaul Fauziyyah, NIM 126201212097 pada tahun 2025 yang dibimbing oleh Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata Kunci : Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadits, Pembelajaran PAI SMA Negeri 1 Plemahan, Kediri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber utama ajaran Islam yang menjadi dasar pengembangan karakter dan moral peserta didik. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), integrasi nilai-nilai dari kedua sumber tersebut menjadi kunci dalam mewujudkan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga pada penguatan sikap spiritual dan sosial. SMA Negeri 1 Plemahan Kediri sebagai lembaga pendidikan formal memiliki tanggung jawab untuk menerapkan pembelajaran PAI yang bermakna dan kontekstual bagi peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada empat aspek utama: bentuk integrasi nilai nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pembelajaran PAI, kendala yang dihadapi guru dalam mengintegrasikannya, solusi atas kendala tersebut, serta hasil dari proses integrasi terhadap pemahaman dan perilaku keagamaan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mendalam tentang praktik integratif pendidikan agama dalam lingkungan sekolah menengah yang pluralistik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits telah dilakukan melalui pendekatan tematik, pembiasaan ibadah, dan penguatan karakter melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, kurangnya media pembelajaran yang kontekstual, serta variasi pemahaman siswa. Sebagai solusinya, sekolah mengembangkan kegiatan penunjang seperti pelatihan guru, penggunaan media digital, dan penguatan kolaborasi antarstakeholder. Integrasi nilai-nilai ini terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa yang religius, toleran, dan berakhlak mulia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212097 RISTIKA SYIFAUL FAUZIYYAH |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |