SILVI NUR INDAH SARI, 126201211078 (2025) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) SEBAGAI PENENTU MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Sebagai Penentu Motivasi dan Hasil belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Silvi Nur Indah Sari, NIM. 126201211078, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi : Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair and Share (TPS), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini menyebabkan menurunnya kualitas hasil belajar peserta didik. Serta penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat mengakibatkan kurang efektif dalam aktivitas pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Think pair and Share (TPS) adalah salah satu jenis dari model pembelajaran yang dimana memberikan kesempatan lebih banyak kepada peserta didik berfikir secara mandiri, berdiskusi dengan teman sebelahnya dan berbagi jawaban kepada peserta didik lainnya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung?.xviii Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design tipe Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung dari 6 kelas dengan jumlah 170 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B, adapun kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Hasil peneletian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari uji Independent Sample Test diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari uji Independent Sample Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share sebagai penentu motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari uji MANOVA diperoleh nilai sig. sebesar 0.003 < 0.05 yang artinya Ho ditolak Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211078 SILVI NUR INDAH SARI |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |