NUR MAGHFIROH MAULIDINA, 126201211066 (2025) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT DAN EFEKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (803kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat dan Efektivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Maghfiroh Maulidina, NIM. 126201211066, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Annas Ribbab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci : Teman Sebaya, Minat Belajar, Efektivitas Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar peserta didik yang rendah dan efektivitas belajar peserta didik yang tidak sesuai dengan kompetensi yang diinginkan oleh pendidik di MTsN 8 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Seperti: terdapat beberapa peserta didik yang asyik bermain dan mengobrol dengan teman sebangkunya selama proses pembelajaran berlangsung, terdapat beberapa peserta didik yang sengaja tidak masuk kelas saat jam pelajaran, terdapat peserta didik yang tidak mengerjakan tugas mandiri bahkan menunggu hasil jawaban dari teman yang lain, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut ditemukan oleh peneliti saat melaksanakan magang di madrasah tersebut, sehingga peneliti ingin menganalisis lebih dalam terkait pengaruh teman sebaya terhadap minat dan efektivitas belajar peserta didik atau rendahnya minat belajar dan kompetensi peserta didik yang tidak sesuai tersebut disebabkan karena faktor lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah ada pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 8 Tulungagung? 2. Apakah ada pengaruh teman sebaya terhadap efektivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 8 tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, karena peneliti ingin melakukan kajian lebih dalam mengenai alasan terjadinya sebuah peristiwa serta di ambil dari sebuah teori yang menuju pada data dalam bentuk angka dan berakhir pada penerimaan atau penolakan dari teori yang telah diuji kebenarannya. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jenis purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : 1. Terdapat pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 8 Tulungagung. Diketahui perolehan hasil uji regresi sederhana yang diketahui nilai Sig. sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,574 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1.697. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3,574 > 1.697). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2.Terdapat pengaruh teman sebaya terhadap efektivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 8 Tulungagung. Diketahui dari perolehan hasil uji regresi sederhana yang diketahui nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.435 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1.697, hal ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3.435 > 1.697). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211066 NUR MAGHFIROH MAULIDINA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |