PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL BERKARAKTER DI SMAN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG

YUDA SETIAWAN, 126207212086 (2025) PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL BERKARAKTER DI SMAN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Yuda Setiawan, NIM 126207212086, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Sekolah Unggul Berkarakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul berkarakter, dimana peran kepala sekolah sangat berpengaruh pada lembaga sekolah yang di pimpin agar lembaga tersebut outputnya nanti dapat menghasilkan lulusan yang unggul berkarakter. Dimana sekolah yang saya teliti terdapat program yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik yaitu mempunyai ekstrakulikuler unggulan yang dimiliki yaitu paskibraka. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam proses perencanaan program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam proses implementasi program untuk meewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimmana peran kepala sekolah dalam mengevaluasi program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi pastisipan, dan studi dokumentar yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran kepala sekolah dalam proses perencanaan program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo; mengaktifkan kegiatan ekstrakulikuler, merumuskan tata tertib yang harus di patuhi oleh peserta didik, menerapkan kurikulum terbaru. (2) Peran kepala sekolah dalam proses implementasi program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo; menciptakan situasi yang kondusif antara stake holder dengan wali murid, selalu memastikan peserta didik untuk mentaati peraturan sekolah, menekankan peserta didik berdoa sebelum pembelajaran di mulai, melibatkan waka kesiswaan beserta tim ketertiban serta guru badan konseling, memfalisitasi kegiatan pengembangan diri, membangun sarana prasarana peribadahan. (3) Peran kepala sekolah dalam proses evaluasi program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SMAN 1 Karangrejo; menilai prestasi-prestasi peserta didik, melakukan evaluasi tim ketertiban sekolah, dan memberikan motivasi kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212086 YUDA SETIAWAN
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:29
Last Modified: 15 Jul 2025 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59532

Actions (login required)

View Item View Item