MUHAMMAD IQBAL MAULANA, 126208211026 (2025) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS VIDEO PENCAK SILAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Elektronik Magazine Berbasis Video Pencak Silat Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 4 Jombang”, ditulis oleh Muhammad Iqbal Maulana, NIM 126208211026, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat, Magazine, Pencak Silat Proses pembelajaran biologi yang berlangsung di MAN 4 Jombang masih terpusat pada guru atau secara umum disebut pembelajaran konvensional. Fasilitas teknologi yang sudah memadai di MAN 4 Jombang, tidak dimanfaatkan penggunaannya secara optimal. Berdasarkan hasil observasi di MAN 4 Jombang, siswa kelas XI MIPA masih menggunakan bahan ajar LKS yang berwarna hitam putih sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami materi biologi. Hasil angket analisis kebutuhan pada kelas XI MIPA menunjukkan bahwasannya 76,15 % siswa merasa sukar dalam memahami materi sistem gerak pada manusia, dan 84,55 % siswa setuju untuk dikembangkan media berupa video. Penelitian ini bermaksud (1) untuk mengetahui pengembangan e-magazine berbasis video pencak silat sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 4 Jombang, (2), untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pengembangan e-magazine berbasis video pencak silat sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 4 Jombang, (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan e-magazine berbasis video pencak silat sebagai media pembelajaran biologi pada meteri sistem gerak manusia untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 4 Jombang. Jenis penelitian adalah Research and Development. Teknik purposive random sampling, digunakan saat proses pengambilan sampel. Kelas XII MIPA yang berjumlah 11 siswa, XI MIPA 3, dan XI MIPA 6, yang masing-masing berjumlah 30 siswa adalah sampel pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan (1) Prosedur pengembangan media e-magazine berbasis video pencak silat sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MAN 4 Jombang, menempuh lima tahap diantarannya analysis, design, development, implementation, dan evaluation. (2) Hasil penilaian kelayakan produk dari ahli materi dengan nilai rerata 97,9 % tergolong sangat layak, ahli media dengan nilai 83,3 % tergolong sangat layak. Hasil penilaian kelayakan instrumen soal tes dan minat belajar oleh ahli pendidikan, memperoleh nilai masing-masing secara berurutan 86% dan 90% tergolong sangat layak. Hasil penilaian siswa terhadap kepraktisan media elektronik magazine berbasis video materi sistem gerak manusia pada uji coba skala kecil dan besar memperoleh nilai rerata 82,9 % yang berarti sangat praktis. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang dibuktikan analisis uji Wilcoxon, memperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Uji Wilcoxon pada kelas kontrol memperoleh nilai sig 0,325 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan hasil belajar siswa. Kelas ekseprimen memiliki rerata nilai N Gain hasil belajar sebesar 0,648 tergolong sedang, pada kelas kontrol memiliki rerata -0,040 tergolong rendah. Hasil uji Mann Whitney minat belajar antara kelas ekesperimen dan kontrol memperoleh nilai 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Nilai minat belajar kelas eksperimen memiliki rerata 72,53 %, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata 65,1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211026 MUHAMMAD IQBAL MAULANA |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |