MUHAMMAD SHOLIHUL ANWAR, 126201212096 (2025) PENERAPAN PROGRAM BTQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI SMPN 1 WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di SMPN 1 Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Sholihul Anwar, NIM. 126201212096, dengan pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya angka buta huruf Al-Qur’an di Indonesia dan anak-anak zaman sekarang ketika sudah naik ke tingkat SMP sudah tidak mau belajar Al-Qur’an. Padahal, kemampuan membaca Al-Qur’an sangat penting dalam kehidupan ibadah sehari-hari. Salah satunya dalam beribadah salat yang diharuskan membaca ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar agar tidak mengubah maknanya. Oleh sebab itu, pembelajaran Al-Qur’an sangat penting untuk generasi muslim. Sebagai lembaga pendidikan, SMPN 1 Wonodadi Blitar hadir dengan program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Program ini penting untuk membentuk generasi Qur’ani sekarang maupun masa yang akan datang agar mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Wonodadi Blitar, 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat penerapan program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yakni: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan: 1) keterpercayaan, 2) keteralihan, 3) kebergantungan, dan 4) kepastian. Hasil Penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di SMPN 1 Wonodadi Blitar telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa. Program ini tidak hanya fokus pada peningkatan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah, tetapi juga memberikan pembelajaran tambahan tentang fiqih dan akhlak. 2) Faktor pendukung penerapan program BTQ (Baca Tulis Al-Quran) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Wonodadi Blitar meliputi: Media dan fasilitas yang memadai, Dukungan dari Kepala Sekolah, dorongan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat penerapan program BTQ (Baca tulis Al-Qur’an) dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Wonodadi Blitar meliputi: Kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, Jadwal yang sering berubah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212096 MUHAMMAD SHOLIHUL ANWAR |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |