KREATIVITAS GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA TAHFIZ DI MA MATHOLI'UL ANWAR SIMO LAMONGAN

MU'IZZATUL AUWALIYAH, 126201212204 (2025) KREATIVITAS GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA TAHFIZ DI MA MATHOLI'UL ANWAR SIMO LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Kreativitas Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur‘an Siswa Tahfiz di MA Matholi‘ul Anwar Simo Lamongan" ini ditulis oleh Mu‘izzatul Auwaliyah, NIM. 126201212204, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Kreativitas, Guru Tahfiz, Kemampuan Menghafal Al-Qur‘an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam bidang tahfiz Al-Qur‘an untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur‘an. Karena menghafal Al-Qur‘an tidak hanya sekedar hafal saja kemudian dilupakan, tetapi harus menjaganya seumur hidup. Dalam hal ini, kreativitas guru berperan penting dalam menerapkan program kegiatan yang dapat membantu siswa dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur‘an. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Bentuk kreativitas guru tahfiz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‘an siswa tahfiz; (2) Hal-hal yang mendukung guru tahfiz dalam meningkatkan kreativitas pengajaran tahfiz Al-Qur‘an; (3) Dampak kreativitas guru tahfiz terhadap hafalan Al-Qur‘an siswa tahfiz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan temuan, peneliti menggunakan keajegan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kreativitas guru tahfiz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‘an siswa tahfiz dilakukan dengan menerapkan beberapa bentuk kreativitas selama proses pembelajaran tahfiz Al-Qur‘an, yaitu mewajibkan siswa untuk bermukim di pondok pesantren, menerapkan muroqobah, pembiasaan sholat tahajud dan sholat tarawih maqro‘an Al-Qur‘an, serta ujian tasmi‘ setiap dua bulan sekali sebagai evaluasi hafalan; (2) Hal-hal yang mendukung kreativitas guru tahfiz dalam meningkatkan kreativitas pengajaran tahfiz Al-Qur‘an, yaitu sarana yang memadai, dukungan dan kerja sama sesama guru di madrasah, orang tua dari siswa tahfiz, serta lingkungan belajar yang mendukung kelancaran dan kenyamanan untuk siswa selama proses menghafal Al-Qur‘an; dan (3) Dampak kreativitas guru tahfiz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‘an siswa tahfiz di MA Matholi‘ul Anwar Simo Lamongan sudah cukup baik dan berpengaruh. Dilihat dari perolehan hafalan siswa tahfiz yang mengalami peningkatan, meskipun belum bisa maksimal tapi selalu ada kemajuan. Selain itu, adanya penurunan frekuensi kesalahan bacaan Al-Qur‘an siswa tahfiz selama setoran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212204 MU'IZZATUL AUWALIYAH
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:45
Last Modified: 17 Jul 2025 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59662

Actions (login required)

View Item View Item