Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Falah Kayen Kademangan Blitar

Nurhayati, Lia (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Falah Kayen Kademangan Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.docx.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah dasar bahwa orang tua merupakan pendidik utama dan pertama, anak akan sangat bergantung kepada orang tuanya. Sikap baik orang tua dalam mengajar dan mendidik anak, maka anaknya pun akan menjadi baik dan terdidik. Sebaliknya, jika sikap orang tua buruk pada anaknya, maka akhlak dan sikap anak pun akan menjadi buruk. Dan semua itu pada akhirnya akan berdampak pada perkembangan anak baik dilingkungan rumah maupun disekolah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah pola asuh orang tua di MI Miftahul Falah? (2) Bagaimanakah prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak? (3) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MI Miftahul Falah? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Falah Kayen Kademangan Blitar. Bagi kepala madrasah/sekolah. hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam menetapkan kebijakan untuk lebih memperhatikan siswa dengan selalu diadakanya sosialisasi kepada wali murid demi kelancaran proses belajar siswa, bagi guru hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam peningkatan proses belajar mengajar dan menentukan pola mengajar yang tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, bagi siswa hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam men diri masing-masing agar dapat meraih prestasi belajar yang lebih baik untuk untuk bekal menyongsong kehidupan yang akan datang, bagi orang tua siswa, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan bagi orangtua dalam mendidik anak supaya ke depannya mampu mendidik anak dengan pengasuhan yang baik, bagi peneliti yang akan datanghasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan kajian dan penunjang dalam pengembangan design/rancangan penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut. Metode penelitian : pola penelitian, pola korelatif dengan pendekatan kuantitatif, populasi: 59 siswa, sumber data: Kepala MI Miftahul Falah Kayen, guru, wali murid dan siswa. Variabel penelitian: terdapat dua variabel, yaitu variabel independen (bebas) pola asuh orang tua (X), variabel dependen (terikat) prestasi belajar Aqidah Akhlak (Y). Metode pengumpulan data: metode angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data: analisa data distribusi frekuensi, sedangkan mencari pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak menggunakan analisa statistik dengan rumus “Korelasi Product Moment”. xv Kesimpulan: (1) nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah 8,05 dimana terdapat 9 siswa yang mendapat nilai amat baik, 25 siswa yang mendapat nilai lebih dari baik, 22 siswa yang mendapat nilai lebih dari cukup dan 3 siswa mendapat nilai dalam kategori cukup. (2)pola asuh yang diterapkan secara umum dapat dikatakan cukup demokratis. (3) dari hasil yang di peroleh angka indeks korelasi sebesaar 0,634, kemudian angka ini di interpretasikan pada interpretasi secara sederhana yanitu terletak pada antara 0,40-0,70 dengan ini terdapat pengaruh positif yang signifikan, sedangkan interpretasi menggunakan tabel “r” Product Moment ternyata “r” hitung lebih besar dari pada “r” tabel, baik pada taraf 5% maupun 1%. Dengan demikian (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 19 Dec 2014 03:34
Last Modified: 19 Dec 2014 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item