DEVI SUSANTI, 126208211011 (2025) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII MTsN 8 BLITAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII MTsN 8 Blitar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup” ini ditulis oleh Devi Susanti, NIM. 126208211011, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M. Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Literasi Sains, Klasifikasi Makhluk Hidup. Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik indonesia berdasarkan skor PISA menunjukkan skor rata-rata peserta didik masih jauh di bawah rata-rata internasional. Abad 21 manusia dituntut memiliki kualitas yang berkemampuan dalam teknologi, berpikir kritis, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan literasi sains siswa yang berkaitan dengan tingkat motivasi belajar yang bervariasi. Literasi sais merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam memahami konsep-konsep sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan motivasi belajar berperan sebagai faktor internal yang medorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui profil motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup, 2) Untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup, 3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional non-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 8 Blitar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar dan tes kemampuan literasi sains. uji reliabilitas angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan literasi sains. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diuji melalui uji pendahuluan untuk mengetahui tingkat reliabilitasnya. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa angket motivasi belajar yang terdiri dari 25 item pernyataan dapat diketahui nilai dari Cronbach’s Alpha menunjukkan angka sebesar 0,878, sedangkan soal tes kemampuan literasi sains yang terdiri dari 19 butir soal telah diuji reliabilitasnya dapat diketahui nilai dari Cronbach’s Alpha menunjukkan angka sebesar 0,836. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kedua instrumen memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan layak digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan pengujian statistik non-paramterik dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Profil motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup tergolong dalam kategori tinggi dan didominasi oleh indikator instrinsik pada sub indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 2) Profil kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup tergolong dalam kategori sedang dengan nilai presentase hasil tes sebesar 48%, 3) Hubungan motivasi belajar dengan kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTsN 8 Blitar pada materi klasifikasi makhluk hidup menunjukkan bahwa hubungan tersebut signifikan dan menunjukkan arah hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemampuan literasi sains dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 > 0,05 dan nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0,305 (kategori rendah).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208211011 DEVI SUSANTI |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |