M. ABDUL WAHID IMAM MUDIN, 1880506230017 and NGAINUN NAIM, 197507192003121002 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMPN 2 PURWOASRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (781kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (324kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan menjadi faktor utama dalam merubah pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk karakter pada manusia. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Melalui pendidikan pula diharapkan dapat memberikan jaminan bagi perwujudan hak-hak azasi manusia untuk mengembangkan seluruh potensi dan prestasinya secara optimal guna kesejahteraan hidup di masa depan. Dalam hal ini perlu adanya penguatan budaya religius untuk membentuk kedisiplinan peserta didik. Pertanyaan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penguatan budaya religius khotmil qur’an dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di SMPN 2 Purwoasri? (2) Bagaimana penguatan budaya religius shalat dhuha berjamaah dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di SMPN 2 Purwoasri? (3) Bagaimana penguatan budaya religius pembacaan asmaul husna dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di SMPN 2 Purwoasri? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan penguatan budaya religius Khotmil Qur’an dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. (2) Untuk mendiskripsikan penguatan budaya religius Sholat Dhuha Berjamaah dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. (3) Untuk mendiskripsikan penguatan budaya religius pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam melakukan analisis data menggunakan tahapan Pengumpulan Data, Kondensasi Data,Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi Perpanjangan Keikutsertaan, Ketekunan/Keajegkan Pengamatan, Triangulasi, dan Pengecekan Sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan budaya religius yaitu : (1) Khotmil Qur’an dilaksanakan setiap hari Jum’at Legi, guru PAI menjadi pemeran utama dalam meningkatkan minat baca al-qur’an peseta didik, dan kedisiplinan peserta didik bisa terbentuk dengan adanya penguatan budaya religius khotmil qur’an setiap hari Jum’at Legi. (2) Shalat Dhuha Berjamaah dilaksanakan setiap jam istirahat dan shalat dhuhur setiap pulang sekolah kecuali hari jum’at. Perlu adanya pendekatan dalam melaksanakan budaya religius shalat dhuha berjamaah dan pengendalian seperti pengawasan, pemberian sanksi, dan evaluasi. (3) Pembacaan Asmaul Husna dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Asmaul husna wajib dihafal agar dapat meningkatkan kecintaan peserta didik kepada Allah SWT. Karakter religius yang muncul setelah adanya membaca asmaul husna yaitu: karakter ukhuwah, karakter tawakal, karakter ikhlas.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Agama Kebudayaan Islam Pendidikan Islam |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 1880506230017 M. ABDUL WAHID IMAM MUDIN |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 08:16 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 08:16 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
