ELHA FAWWA DZAKIRA MUIS, 126209213111 (2025) ANALISA FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS 10 MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (983kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi, “Analisa Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Dalam Kurikulum Merdeka Kelas 10 MA Darul Huda Wonodadi Blitar” Ini ditulis oleh Elha Fawwa Dzakira Muis, NIM. 126209213111, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Ibu Larasati Widoningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Analisa, Ekonomi, Faktor Kesulitan Belajar Penelitian ini di dasari oleh kondisi dimana seorang siswa sering yang mengalami hambatan dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar yang dialami sisw tentu akan mengakibatkan siswa kesulitan mencapai tujuan belajar. Kesulitan belajar yang dialami siswa tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, maka dari itu peneliti ingin mengetahui apa faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar. Terlebih di dalam Kurikulum merdeka yang pada dasarnya merupakan kurikulum terbaru setelah Pendidikan Indonesia terkena dampak wabah covid-19. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana masalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada pelajaran Ekonomi dalam Kurikulum Merdeka kelas 10 MA Darul Huda? 2. Apa faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran Ekonomi dalam Kurikulum Merdeka kelas 10 MA Darul Huda? 3. Bagaimana solusi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran Ekonmi dalam Kurikulum merdeka kelas 10 MA Darul Huda? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mengetahui hasil analisis secara mendalam kepada narasumber, terkait permasalahan yang sedang di teliti. Adapun Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi perilaku siswa, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Kondensasi data, Penyajian data dan Kesimpulan/Verifikasi. Di dalam pengecekan keabsahan data menggunakan member check kepada narasumber. Berdasarkan penelitian dapat diketahui: 1. Masalah belajar yang di alami siswa dalam pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka yakni Perhatian, Ingatan, Tingkat daya serap siswa dalam memahami informasi, Akademis dan Sosial. 2. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dalam pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka kelas 10 MA Darul Huda ada Faktor Internal yang memuat mengenai Psikologi dan Mental serta Emosional dan Kebiasaan sikap yang salah. Kemudian pada Faktor Eksternal diakibatkan karena Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. 3. Solusi untuk mengatasi masalah belajar siswa tersebut berupa Bimbingan Konseling, Menjalin Kerjasama dengan Orang Tua Siswa, Penilaian kepala sekolah terhadap guru dan penilaian guru terhadap siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209213111 ELHA FAWWA DM |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:06 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |