PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

AFIFATUL DWI ANGGRAINI, 126207212051 (2025) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Afifatul Dwi Anggraini, NIM. 126207212051, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag., NIP. 197305072000032001. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Budaya Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis terhadap fenomena menurunnya minat membaca Al-Qur’an di kalangan pelajar, terutama di era digital saat ini, padahal membaca Al-Qur’an adalah salah satu hal penting dalam pendidikan karakter religius di madrasah. Sehingga peran kepala madrasah diharapkan dapat mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di madrasah, dengan inilah yang mengantarkan peneliti kepada judul. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana budaya membaca AlQur’an peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung? (4) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh peneliti diantaranya berasal dari data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, guru keagamaan, dan siswa sedangkan data sekunder yaitu dokumen, catatan yang berkaitan dengan penelitian. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji objektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) budaya membaca Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung penerapannya sistem tadarus setiap pagi dilakukan setiap 25 menit sebelum memulai kegiatan pembelajaran, (2) peran kepala madrasah sebagai manajer yaitu dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan), (3) peran kepala madrasah sebagai motivator dilakukan dengan pemberian motivasi secara lisan, dan pemberian penghargaan, (4) peran kepala madrasah sebagai supervisor dengan menyerahkan kepada tim keagamaan dilihat secara langsung ketika pembelajaran tahsin maupun dengan melihat buku peningkatan kepribadian siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212051 AFIFATUL DWI ANGGRAINI
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:05
Last Modified: 21 Jul 2025 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59727

Actions (login required)

View Item View Item