STRATEGI GURU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK SORE TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ROFIQ HARDIKA, 2811133180 (2017) STRATEGI GURU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Abstrak Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Sore Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Rofiq Hardika, NIM. 2811133180, dosen pembimbing NURYANI, M.PdI. Kata kunci: strategi guru, kualitas pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sore Tulungagung sebagai tempat penelitian karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang memiliki kualitas sangat baik dibandingkan dengan sekolah kejuruan swasta yang lain. Hal ini terbukti dengan minat siswa untuk belajar disekolah tersebut sangat banyak dan sarana prasarana disana sudah termasuk lengkap dibandingkan dengan sekolah swasta kejuruan yang lain. Maka dari itu guru diminta melakukan pembelajaran yang maksimal dan profesioanl lebih khusus guru pendidikan agama islam. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smk sore tulungagung yang nantinya bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi-materi keagamaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung ?. 2). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih metode untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung ?. 3). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK SORE Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dalam peneitian ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung. 2). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih metode untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung. 3). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)di SMK Sore Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru PAI dan sumber data kedua (sekunder) adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa 1). Strategi Guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih metode ialah dengan melihat pada karakter siswa dalam belajar. Selanjutnya dengan melihat pada kemampuan setiap individu siswa dalam memahami materi yang disajikan. Terakhir, dengan melihat pada kondisi sosial yang ada saat proses pembelajaran. 2). Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung secara umum diantaranya dengan mempertimbangkan pada: Fasilitas dan peralatan atau sarana prasarana yang tersedia. Keefektifan biaya. Waktu yang tersedia. Kemudahan (Kemudahan disini berarti media tersebut memiliki kemampuan dalam menyajikan stimulus yang tepat, mengakomodasikan respon siswa yang tepat, serta kemampuan mengakomodasikan umpan balik. Sehingga memberikan kemudahan kepada siswa). Dan secara khusus dari kondisi dan prinsip-prinsip psikologi (Motivasi, Perbedaan individu, dan tujuan pembelajaran). 3). Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK SORE Tulungagung ialah Dengan mengelompokkan sumber belajar berdasarkan pada tujuan pembuatan, bentuk atau isi sumber belajar, serta Dengan mengelompokkan sumber belajar berdasarkan pada jenisnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133180 MUHAMMAD ROFIQ HARDIKA
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:22
Last Modified: 19 Sep 2017 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item