MUHAMMAD ROFIQ HARDIKA, 2811133180 (2017) STRATEGI GURU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (60kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Sore Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Rofiq Hardika, NIM. 2811133180, dosen pembimbing NURYANI, M.PdI. Kata kunci: strategi guru, kualitas pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sore Tulungagung sebagai tempat penelitian karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta yang memiliki kualitas sangat baik dibandingkan dengan sekolah kejuruan swasta yang lain. Hal ini terbukti dengan minat siswa untuk belajar disekolah tersebut sangat banyak dan sarana prasarana disana sudah termasuk lengkap dibandingkan dengan sekolah swasta kejuruan yang lain. Maka dari itu guru diminta melakukan pembelajaran yang maksimal dan profesioanl lebih khusus guru pendidikan agama islam. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smk sore tulungagung yang nantinya bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi-materi keagamaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung ?. 2). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih metode untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung ?. 3). Bagaimana Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK SORE Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dalam peneitian ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung. 2). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih metode untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung. 3). Untuk mendiskripsikan Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajar siswa khususnya untuk matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)di SMK Sore Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru PAI dan sumber data kedua (sekunder) adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa 1). Strategi Guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih metode ialah dengan melihat pada karakter siswa dalam belajar. Selanjutnya dengan melihat pada kemampuan setiap individu siswa dalam memahami materi yang disajikan. Terakhir, dengan melihat pada kondisi sosial yang ada saat proses pembelajaran. 2). Strategi Guru dalam memilih media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sore Tulungagung secara umum diantaranya dengan mempertimbangkan pada: Fasilitas dan peralatan atau sarana prasarana yang tersedia. Keefektifan biaya. Waktu yang tersedia. Kemudahan (Kemudahan disini berarti media tersebut memiliki kemampuan dalam menyajikan stimulus yang tepat, mengakomodasikan respon siswa yang tepat, serta kemampuan mengakomodasikan umpan balik. Sehingga memberikan kemudahan kepada siswa). Dan secara khusus dari kondisi dan prinsip-prinsip psikologi (Motivasi, Perbedaan individu, dan tujuan pembelajaran). 3). Strategi Guru dalam memilih sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK SORE Tulungagung ialah Dengan mengelompokkan sumber belajar berdasarkan pada tujuan pembuatan, bentuk atau isi sumber belajar, serta Dengan mengelompokkan sumber belajar berdasarkan pada jenisnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133180 MUHAMMAD ROFIQ HARDIKA |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 03:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5974 |
Actions (login required)
View Item |