PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KARYA WISATA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 8 DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

NILNA BAROROTUN NADA, 126209211031 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KARYA WISATA TERHADAP MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 8 DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Pembelajaran Karyawisata Terhadap Minat Belajar Ips Pada Siswa Kelas 8 Di SMPN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Nilna Barorotun Nada, NIM 126209211031, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Karyawisata, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 1 Ngunut. Siswa merasa pembelajaran IPS monoton dan kurang menarik, dengan metode konvensional yang dominan seperti ceramah dan diskusi, sehingga lebih banyak mengandalkan hafalan ketimbang pemahaman. Untuk mengatasi masalah ini, metode pembelajaran karyawisata diterapkan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung tidak hanya teori. Metode ini memungkinkan mereka mengaitkan teori yang dipelajari dengan praktik nyata, serta memperluas pengetahuan tentang kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap minat belajar IPS pada siswa kelas 8 dan Apakah ada hubungan antara metode tersebut dan minat belajar IPS yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap minat belajar IPS pada siswa kelas 8 dan Untuk mengetahui adakah hubungan antara metode tersebut dan minat belajar IPS Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan populasi 386 siswa, dan sampel diambil secara proporsional acak sebanyak 40 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari metode pembelajaran karyawisata terhadap minat belajar IPS, dengan pengaruh kuat sebesar 64,2%. Analisis regresi menunjukkan nilai thitung (7,935) > ttabel (2,02439) dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima. Kemudian koefisien korelasi (R) sebesar 0,790 menunjukkan hubungan yang kuat. Yang berarti berarti bahwa semakin efektif penerapan metode pembelajaran karyawisata, semakin tinggi pula minat siswa dalam mempelajari IPS

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211031 NILNA BAROROTUN NADA
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:51
Last Modified: 21 Jul 2025 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59746

Actions (login required)

View Item View Item