PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR

INDAH KHALIMATUS SYAKDIYAH, 126208212077 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-LKPD Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar”. Ditulis oleh Indah Khalimatus Syakdiyah, NIM.126208212077,pembimbing Ivan Ashif Ardhana S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : E-LKPD, Media Pembelajaran,Mind Mapping, Sistem Pencernaan. Penelitian dan pengembangan e-LKPD berbasis mind mapping ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru di sekolah. Permasalahan tersebut meliputi ; rendahnya semangat dan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran, metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional, media pembelajaran yang kurang materi dan gambar, serta perolehan nilai siswa di bawah KKM pada proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukannya media pembelajaran lain dengan memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah yang menyajikan materi serta gambar lengkap dengan mengembangkan media pembelajaran e-LKPD berbasis mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan e-LKPD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, (2) Untuk menguji kelayakan dan kepraktisan pengembangan e-LKPD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar terhadap , (3) Untuk menguji efektivitas pengembangan e-LKPD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE sebagai kerangka kerja utama dalam proses pengembangan. Untuk melihat seberapa efektif produk yang dibuat, digunakan jenis penelitian quasi eksperimental sederhana menggunakan desain eksperimental One Group Pretest-Posttest, di mana peserta diberi pretest sebelum produk diterapkan dan posttest setelah produk diterapkan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTsN 2 Kota Blitar. Kemudian Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji Wilcoxon karena data yang diperoleh bersifat nonparametrik. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dokumentasi, serta instrumen soal yang telah diuji dan terbukti valid dan reliabel dengan perolehan nilai r hitung ≥ r tabel (0,361) dan menunjukkan signifikansi ≤ 0,05. Nilai reliabilitas yang diperoleh mencapai skor Cronbach alpha sebesar 0,844 sehingga instrumen soal yang digunakan pada penelitian ini valid dan reliabel. Hasil penelitian ini adalah : (1) Media e-LKPD yang dikembangkan menyajikan materi dan gambar ilustrasi lengkap, mind mapping pada setiap materi, feedback, grup diskusi, barcode scan video, soal dan lembar jawaban, (2) Media pembelajaran e-LKPD berbasis mind mapping terbukti sangat valid dan praktis berdasarkan hasil validasi ahli materi (89,28%), ahli media (83,82%),serta respon siswa (92,6%). (3)Efektivitas media ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 42,17 menjadi 84,14 pada posttest, sehingga hasil uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,00 (< 0,05) yang berarti e-LKPD efektif meningkatkan hasil belajar. Selain itu, uji N-gain score menunjukkan nilai rata-rata 72,42 yang termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, e-LKPD berbasis mind mapping layak digunakan dalam pembelajaran karena valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212077 INDAH KHALIMATUS SYAKDIYAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:03
Last Modified: 21 Jul 2025 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59747

Actions (login required)

View Item View Item