VINA SHOLIHA ALFUNNURIA, 126402212094 (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDART (QRIS) BAGI PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM BERSERTIFIKASI HALAL ALAM KITCHEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Bagi Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Bersertifikasi Halal" ini ditulis oleh Vina Sholiha Alfunnuria, NIM. 126402212094, pembimbing Prof. Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas penerapan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di UMKM bersertifikasi halal Alam Kitchen Tulungagung. Di era digital yang didominasi oleh transaksi nontunai, adopsi QRIS diharapkan dapat memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan bagi pelanggan. Dengan adanya sistem pembayaran berbasis digital seperti QRIS tentunya dapat meningkatkan daya saing dan membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data Miles Huberman yaitu kondesasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam memeriksa kebasahan temuan yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil analisis dan temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan pemilik alam kitchen menggunakan QRIS dalam pelayanan pembayaran digital yakni: mengikuti era digitalisasi, memiliki potensi pasar yang luas, mendukung inovasi teknologi, terintegrasi dalam sistem pencatatan transaksi, efisiensi operasional, proses yang cepat dan praktis, prespektif ekonomi islam yang mendukung penggunaan QRIS (2) Manfaat Menggunakan QRIS dalam pembayaran yakni: kecepatan, kemudahan, efektivitas (3) QRIS meningkatan kepuasan pelanggan, yakni: kenyamanan dan kepuasan, keamanan, ketersediaan akses, kesesuaian standar halal dan transparansi sertifikasi halal. (4) Kendala yang dihadapi ketika menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital, yakni: tingkat literasi digital yang rendah, pembayaran gagal atau error, keterbatasan pengguna yang tidak memiliki smartphone. Kata Kunci: Efektivitas, Quick Response Code Indonesian Standart, Kepuasan Pelanggan, Sertifikasi Halal
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Sosial Ekonomi Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402212094 VINA SHOLIHA ALFUNNURIA |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |