PROSES BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF DI MTsN 2 TRENGGALEK

ARNINDA TRISNASARI DEWI, 1880512230013 (2025) PROSES BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Proses Berpikir Spasial Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Arninda Trisnasari Dewi, NIM. 1880512230013, pembimbing 1 Dr. Syaiful Hadi, M.Pd., dan pembimbing 2 Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir Spasial, Menyelesaikan Masalah, Geometri, Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif, Berpikir spasial sebagai salah satu konsep berpikir yang penting dalam menyelesaikan masalah, terutama pada materi geometri. Berpikir spasial dapat melatih kemampuan mental siswa untuk mengenali bentuk, pola, orientasi, dan kemampuan membayangkan perubahan posisi objek terkait keruangan. Selain berpikir spasial, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu karakteristik siswa dengan perbedaan kecepatan dan kecermatan dalam memproses informasi. Oleh karena itu, gaya kognitif impulsif dan reflektif dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana proses berpikir spasial siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis proses berpikir spasial siswa kelas VIII dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah geometri di MTsN 2 Trenggalek dan (2) Menganalisis proses berpikir spasial siswa kelas VIII dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah geometri di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII B, yaitu 2 siswa gaya kognitif impulsif dan 2 siswa gaya kognitif reflektif. Teknik pengumpulan data adalah tes MFFT, tes berpikir spasial, dan wawancara. Analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir spasial siswa kelas VIII di MTsN 2 Trenggalek dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah geometri melalui visualisasi spasial dengan menjelaskan unsur bangun ruang. Dilanjutkan langkah membayangkan gabungan gambar untuk langsung menggambarkan hasil. Namun kurang melalui persepsi spasial dan rotasi mental karena bingung memahami tampilan gambar dari berbagai sudut pandang dan kesulitan memutar bangun ruang. (2) Proses berpikir spasial siswa kelas VIII di MTsN 2 Trenggalek dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah geometri melalui visualisasi spasial menjelaskan dengan unsur bangun ruang. dilanjutkan langkah awal visualisasi spasial, persepsi spasial dan rotasi mental dengan cenderung membayangkan untuk menggambar hasil gabungan gambar, tampilan gambar dari sudut pandang, dan hasil putaran gambar yang diputar secara siku-siku.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512230013 ARNINDA TRISNASARI DEWI
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:34
Last Modified: 21 Jul 2025 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59808

Actions (login required)

View Item View Item