DESY ZUANITA SUBEKTI, 1880512230010 (2025) PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI MTSN 2 KEDIRI. [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tesis dengan judul ”Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Adversity Quotient Di MTsN 2 Kediri” ditulis oleh Desy Zuanita Subekti, NIM 1880512230010 dengan pembimbing satu Dr. Muniri, M.Pd. dan pembimbing dua Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir Komputasional, Memecahkan Masalah, Adversity Quotient, Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya proses berpikir komputasional dalam pemecahan masalah matematika, khususnya pada materi bentuk aljabar. Proses berpikir komputasional diperlukan siswa untuk dapat memahami dan menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Selain proses berpikir, faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pemecahan masalah adalah adversity quotient (AQ), yang menunjukkan kemampuan siswa dalam menghadapi dan mengatasi kesulitan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai proses berpikir komputasional dalam memecahkan masalah bentuk aljabar yang ditinjau dari adversity quotient. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Menganalisis proses berpikir komputasional siswa tipe climber dalam memecahkan masalah bentuk aljabar di MTsN 2 Kediri. 2) Menganalisis proses berpikir komputasional siswa tipe camper dalam memecahkan masalah bentuk aljabar di MTsN 2 Kediri. 3) Menganalisis proses berpikir komputasional siswa tipe quitter dalam memecahkan masalah bentuk aljabar di MTsN 2 Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu angket adversity quotient, tes berpikir komputasional, wawancara. Subjek penelitian 6 siswa di MTsN 2 Kediri, yaitu 2 siswa tipe climber, 2 siswa tipe camper, dan 2 siswa tipe quitter. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa, 1) Proses berpikir komputasional siswa tipe climber dalam memecahkan masalah bentuk aljabar melalui empat aspek. Pada aspek dekomposisi, siswa mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada aspek pengenalan pola, siswa mengenali susunan pola, kemudian melakukan generalisasi pola dan abstraksi dengan merumuskan serta menerapkan rumus. Terakhir, pada aspek berpikir algoritma, siswa menyusun langkah penyelesaian secara terstruktur. 2) Proses berpikir komputasional siswa tipe camper melalui tiga aspek. Pada aspek dekomposisi, siswa mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan. Selanjutnya, pada aspek pengenalan pola, siswa mampu mengenali susunan pola. Pada aspek berpikir algoritma, siswa menyusun langkah penyelesaian. Namun, hasilnya belum optimal karena tidak melalui aspek generalisasi pola. 3) Proses berpikir komputasional siswa tipe quitter hanya melalui satu aspek yaitu dekomposisi. Pada aspek ini, siswa mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan. Sedangkan aspek pengenalan pola, generalisasi pola dan abstraksi, serta berpikir algoritma belum tercapai.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512230010 DESY ZUANITA SUBEKTI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |