MOHAMAD NURAZIZ YUDISTIRA, 126201211045 (2025) IMPLIKASI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB I_.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB II_.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB III_.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB IV_.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB V_.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB VI_.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN_.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
Abstract
Skripsi Dengan Judul “Implikasi Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist di MAN 1 Blitar”, Ditulis Oleh Mohamad Nur’aziz Yudistira, NIM 126201211045, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy, M.Pd.I Kata Kunci: Motivasi Belajar, Al Qur’an Hadist, Siswa Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di tingkat Madrasah Aliyah memegang peranan penting dalam membentuk pemahaman keagamaan dan karakter siswa. Dalam praktiknya masih ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya dalam aspek membaca, menulis, dan mengingat kandungan ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadis. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab belajar siswa. Salah satu pendekatan yang relevan dan potensial untuk menjawab tantangan tersebut adalah Problem Based Learning (PBL), yaitu model pembelajaran yang berpusat pada pemecahan masalah nyata dan menstimulasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, serta mandiri dalam proses belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana implementasi Problem Based Learning (PBL) meningkatkan motivasi belajar membaca siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Blitar., 2) Mengetahui bagaimana implementasi Problem Based Learning (PBL) meningkatkan motivasi belajar menulis siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Blitar., 3) Mengetahui bagaimana implementasi Problem Based Learning (PBL) meningkatkan motivasi belajar mengingat siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengkaji secara mendalam implementasi PBL dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi proses pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, pengecekan keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan PBL mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif membaca untuk menemukan solusi, termotivasi menulis hasil diskusi dan catatan pribadi, serta lebih mudah mengingat materi melalui pemecahan masalah. PBL juga mendorong kolaborasi antar siswa dan meningkatkan kepercayaan diri dalam mengungkapkan ide secara tertulis maupun lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211045 MOHAMAD NUR'AZIZ YUDISTIRA |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |