LAILATUL MUTHOHAROH, 126209213113 (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 KARANGREJO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul Penggunaan Media Pembelajaran Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMAN 1 Karangrejo ini ditulis oleh Lailatul Muthoharoh, NIM 126209213113, pembimbing Dita Hendriani M.A. Kata kunci: media youtube, kemampuan berpikir kritis, pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran YouTube dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Karangrejo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi sejarah yang bersifat abstrak dan naratif. Media YouTube dinilai sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang interaktif dan menarik, yang dapat memvisualisasikan peristiwa sejarah secara konkret dan mudah dipahami. Rumusan masalah yang didapat oleh penulis adalah bagaimana pemanfaatan media youtube dikalangan peserta didik kelas XI di SMAN 1 Karangrejo, dalam menunjang proses belajar mengajar. Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI, dalam mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Karangrejo. Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ialah untuk mengetahui pemanfaatan media youtube dikalangan peserta didik kelas XI di SMAN 1 Karangrejo, dalam menunjang proses belajar mengajar. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI, dalam mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru sejarah dan siswa, serta dokumentasi. Fokus utama penelitian ini adalah pada proses pembelajaran, respons siswa terhadap penggunaan media YouTube, dan bagaimana media tersebut memfasilitasi perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Video sejarah yang ditampilkan mampu merangsang rasa ingin tahu, mendorong diskusi, serta membantu siswa dalam menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah secara lebih mendalam. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209213113 LAILATUL MUTHOHAROH |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:27 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |