ANALISIS PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DALAM UPAYA MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2024 (Studi Deskriptif Instagram @kputulungagung)

DEDE EGA FIRMANSYAH, 126304211017 (2025) ANALISIS PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DALAM UPAYA MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2024 (Studi Deskriptif Instagram @kputulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Tulungagung belum mencapai target yang diharapkan, yakni hanya sebesar 71% dari target 80%. Rendahnya partisipasi ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya informasi yang disampaikan secara efektif kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan komunikasi media, khususnya media sosial KPU Tulungagung, dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: bagaimana perencanaan pengelolaan media sosial KPU Tulungagung, bagaimana dampaknya terhadap masyarakat, serta bagaimana evaluasi terhadap pengelolaan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam strategi komunikasi yang dilakukan KPU Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial oleh KPU Tulungagung belum memiliki perencanaan konten yang terstruktur dan segmentasi audiens yang spesifik. Strategi komunikasi bersifat reaktif tanpa kalender konten bulanan, dan konten yang diunggah cenderung kurang mendapat respon dari masyarakat. Kata Kunci: Partisipasi Pemilih, Komunikasi Media, Media Sosial, KPU Tulungagung, Pilkada 2024

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304211017 DEDE EGA FIRMANSYAH
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:08
Last Modified: 29 Jul 2025 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59877

Actions (login required)

View Item View Item