IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

WAQI' JAZILATUL HAMIDAH, 126201213289 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (870kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tajwid pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di MTsN 4 Tulungagung” ditulis oleh Waqi' Jazilatul Hamidah, NIM. 126201213289, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing: Dr. Muhammad Ridho, M. A. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Tajwid, Kemampuan Membaca Al- Qur'an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Al-Qur’an bagi kehidupan manusia. Upaya mengenalkan Al-Qur’an itu bukan hanya mengetahui dari aspek teori semata, namun yang lebih penting adalah bagaimana siswa mampu membaca sesuai dengan kaidah tajwid yang sudah ditentukan. Dalam realitas yang dijumpai masih banyak siswa yang belum mampu membaca Al- Qur'an dengan baik dan benar. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan praktik membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pembelajaran tajwid pada materi Al-Qur’an hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Rumusan yang diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tajwid pada materi Al- Qur'an Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tajwid pada materi Al-Qur'an hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menyiapkan perencanaan pembelajaran tajwid di MTsN 4 Tulungagung dengan merancang modul ajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (2) Pelaksanaan pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 4 Tulungagung yaitu guru melaksanakan tiga poin penting yaitu membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan menutup pelajaran. Tiga poin tersebut mampu dikuasai oleh guru sehingga proses belajar mengajar dapat belajar dengan lancar. (3) Evaluasi pada pembelajaran tajwid di MTsN 4 Tulungagung menggunakan evaluasi formatif, sumatif dan evaluasi tambahan yang dilakukan agar dapat menilai tolak ukur kemampuan para siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan dalam pembelajaran Al- Qur'an hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213289 WAQI' JAZILATUL HAMIDAH
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:55
Last Modified: 23 Jul 2025 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59899

Actions (login required)

View Item View Item