WAQI' JAZILATUL HAMIDAH, 126201213289 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER .pdf Download (870kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tajwid pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di MTsN 4 Tulungagung” ditulis oleh Waqi' Jazilatul Hamidah, NIM. 126201213289, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing: Dr. Muhammad Ridho, M. A. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Tajwid, Kemampuan Membaca Al- Qur'an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Al-Qur’an bagi kehidupan manusia. Upaya mengenalkan Al-Qur’an itu bukan hanya mengetahui dari aspek teori semata, namun yang lebih penting adalah bagaimana siswa mampu membaca sesuai dengan kaidah tajwid yang sudah ditentukan. Dalam realitas yang dijumpai masih banyak siswa yang belum mampu membaca Al- Qur'an dengan baik dan benar. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan praktik membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pembelajaran tajwid pada materi Al-Qur’an hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Rumusan yang diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tajwid pada materi Al- Qur'an Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tajwid pada materi Al-Qur'an hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menyiapkan perencanaan pembelajaran tajwid di MTsN 4 Tulungagung dengan merancang modul ajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (2) Pelaksanaan pembelajaran tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 4 Tulungagung yaitu guru melaksanakan tiga poin penting yaitu membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan menutup pelajaran. Tiga poin tersebut mampu dikuasai oleh guru sehingga proses belajar mengajar dapat belajar dengan lancar. (3) Evaluasi pada pembelajaran tajwid di MTsN 4 Tulungagung menggunakan evaluasi formatif, sumatif dan evaluasi tambahan yang dilakukan agar dapat menilai tolak ukur kemampuan para siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan dalam pembelajaran Al- Qur'an hadits.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213289 WAQI' JAZILATUL HAMIDAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:55 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |