STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA GUNA MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

ROSA DIVA ANNISA EL HAKAM, 126201212189 (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA GUNA MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (318kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Pada Siswa Guna Mencegah Perilaku Bullying di Mtsn 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Rosa Diva Annisa El Hakam, NIM 126201212189, di bimbing oleh Dr. H. Suwarno, MPd. I Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius, Bullying Perilaku bullying di kalangan siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan sosial, penggunaan teknologi yang tidak bijak, serta kurangnya pendidikan karakter. Siswa yang memiliki karakter religius cenderung lebih mampu menghindari perilaku negatif seperti bullying. Karakter religius, yang dibangun melalui pembiasaan nilai-nilai keagamaan seperti kasih sayang, kejujuran, dan tanggung jawab, menjadi fondasi penting dalam membentuk moralitas siswa. Maka peneliti mngangkat judul Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Pada Siswa Guna Mencegah Perilaku Bullying di Mtsn 6 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah- langkah guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius pada siswa guna mencegah perilaku bulying di MTsN 6 tulungagung; 2) bagaimana tantangan strategi guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius pada siswa guna mencegah perilaku bulying di MTsN 6 tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi (sumber, teknik dan waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius pada siswa guna mencegah perilaku bullying dengan pemberian edukasi kepada siswa tentang pentingnya mempunyai karakter religius pada dirinya agar dapat menjauhkan diri dari sifat tercela seperti perilaku bullying. Kemudian menanamkan nilai- nilai keagaman dan memberikan contoh perilaku yang dapat membentuk karakter religius dan diterapkan di kehidupan sehari- hari. (2) tantangan yang dihadapi oleh guru akidah dalam membentuk karakter eeligius pada siswa di MTsN 6 Tulungagung yaitu perbedaan karakter dan latar belakang serta lingkungan dan pergaulan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212189 ROSA DIVA ANNISA EL HAKAM
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:28
Last Modified: 25 Jul 2025 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59983

Actions (login required)

View Item View Item