PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DENGAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS III MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR

LATIFA MAULIDYA MUBAROKA ZAHRO, 126205212189 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DENGAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS III MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adanya permasalahan pembelajaran pada peserta didik kurang tertarik dengan mata pelajaran Fiqih materi sholat sunnah rawatib. Pendidik hanya terpacu dengan buku LKS. Mereka kurang tertarik karena Pelajaran fiqih ada tulisan arab,ada kegiatan mengahafal, tulisannya pada buku cukup banyak sehingga agak membosankan.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran ular tangga dengan aplikasi canva dapat meningkatkan pemahaman fiqih pada kelas III (2) Kelayakan media pemebelajaran ular tangga dengan aplikasi canva dalam pembelajaran fiqih Kelas III di MI Nurul Islam Mirigambar Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) metode pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil akhir Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran cetak yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. penelitian menggunakan instrumen observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) media pembelajaran ular tangga dengan aplikasi canva dikembangkan melalui model ADDIE dengan mempertimbangkan masukan serta saran dari para validator, sehingga media dinyatakan layak untuk di uji coba dalam pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 92,5% dari ahli media (sangat layak), 98,8% dari ahli materi (sangat layak), dan dari wali kelas sekaligus guru mata Pelajaran 83,75% (layak).(2) Kelayakan media pembelajaran Ular Tangga ditunjukkan melalui analisis data nilai pretest dan posttest, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 45% dan posttest sebesar 76,2%. (3) tanggapan peserta didik terhadap pengembangan media memperoleh persentase 88,35% (menarik). dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dengan aplikasi canva pada mata Pelajaran fiqih materi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Nurul Islam Mirigambar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212189 LATIFA MAULIDYA MUBAROKA ZAHRO
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:35
Last Modified: 25 Jul 2025 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60003

Actions (login required)

View Item View Item