PENGARUH HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG

PUPUT PUJIATI, 2811133219 (2017) PENGARUH HIDDEN CURRICULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Hidden Curriculum Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTsN Bandung Tulungagung”, ini ditulis oleh Puput Pujiati, NIM. 2811133219, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung,yang dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag, NIP. 197505231 200604 1002 Kata Kunci : Hidden Curriculum PAI, Perilaku Keagamaan Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktik pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada aspek kognitifnya, dimana siswa dituntut untuk menguasai materi-materi pembelajaran, sedangkan untuk aspek afektif (sikap), dan psikomotorik (ketrampilan) masih belum diperhatikan. Padahal kedua aspek tersebut sangatlah penting, terutama pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan kegiatan keagamaan melalui hidden curriculum, agar sikap dan ketrampilan siswa menjadi lebih baik. Sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan dapat tercapai,yaitu menjadikan siswa cerdas baik secara intelektual maupun spiritual. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh hidden curriculum tadarus al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh hidden curriculum shalat berjam’ah terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh hidden curriculum berjabat tangan terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN Bandung Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh hidden curriculum tadarus al-Qur’an, shalat berjam’ah, dan berjabat tangan terhadap perilaku keagamaan siswa di MTsN Bandung Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII MTsN Bandung Tulungagung tahun 2016-2017, yang terdiri dari 342 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 siswa. Variabel bebas : Hidden curriculum PAI dengan indikator hidden curriculum tadarus Al-Qur’an, hidden curriculum shalat berjama’ah,dan hidden curriculum berjabat tangan. Variabel terikat : Perilaku keagamaan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data : uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas, regresi linear sederhana, uji F, regresi linear berganda,dan koefisien determinan. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Hidden CurriculumTadarus Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTsN Bandung Tulungagung. Berdasarkan analisis terdapat rhitung sebesar 0,647 dan nilai r tabel sebesar 0,213 maka dapat diketahui r hitung> r tabel atau 0,647 > 0,213 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan konstibusi sebesar 58,2 % (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Hidden CurriculumShalat Berjama’ah terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTsN Bandung Tulungagung. Berdasarkan analisis terdapat rhitung sebesar 0,361 dan nilai rtabel sebesar 0,213 maka dapat diketahui r hitung> r tabelatau 0,361 > 0,213 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan konstribusi sebesar 13% (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Hidden CurriculumBerjabat Tangan terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTsN Bandung Tulungagung. Berdasarkan analisis terdapat r hitung sebesar 0,496 dan nilai r tabel sebesar 0,213 maka dapat diketahui r hitung> r tabel atau 0,496 > 0,213 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan konstribusi sebesar 24,6 % (4) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara Tadarus Al-Qur’an, Shalat Berjama’ah, Berjabat Tangan terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MTsN Bandung Tulungagung. Berdasarkan analisis terdapat r hitung sebesar 0,560 dan nilai r tabel 0,213 maka dapat diketahui r hitung> r tabelatau 0,560 > 0,138 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan konstribusi sebesar 50,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133219 PUPUT PUJIATI
Date Deposited: 22 Sep 2017 07:23
Last Modified: 22 Sep 2017 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item