AGUSTINA KHOIRRU RIZKA, 126204212162 (2025) PENGARUH METODE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK ISLAM PANCA HIDAYAH KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Agustina Khoirru Rizka, NIM. 126204212162, dengan pembimbing Ibu Risa Fitria, M.Si. Kata Kunci: Metode Peer Tutoring, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang dilihat dan diamati peneliti ketika proses pembelajaran matematika berlangsung di SMK Islam Panca Hidayah. Fenomena tersebut adalah siswa yang kurang menunjukkan keaktifannya dalam proses pembelajaran, malu bertanya, dan banyak siswa yang dari awal menanamkan pemikiran bahwa matematika itu sulit dan rumit. Jadi, sebelum mereka mempelajari matematika karena pemikiran tersebut menjadikan siswa malas dan tidak mau berusaha untuk belajar matematika dengan lebih giat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran yang bisa digunakan sebagai solusi dari masalah tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti adalah metode peer tutoring. Metode pembelajaran tersebut memberikan peluang kepada siswa untuk berani bertanya, dan aktif untuk berdiskusi dengan temannya, sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh metode peer tutoring terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung 2) untuk mengetahui besar pengaruh metode peer tutoring terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X A sebagai kelas eksperimen berjumlah 16 siswa dan kelas X B sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tes diberikan kepada kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan, yaitu metode peer tutoring, dan juga kepada kelas kontrol yang yang diajar dengan metode konvensional. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis, namun sebelum analisis data dilakukan peneliti melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas diperoleh Sig. 0,073 > 0,05 untuk kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Sig. 0,681 > 0,05. Dengan demikian, data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian, untuk uji homogenitas diperoleh Sig. 0,753 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas homogen. Setelah uji prasyarat terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t independent sample test dan effect size. Hasil uji hipotesis diperoleh 1) dengan menggunakan uji-t independent sample test diperoleh signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh metode peer tutoring terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung. 2) berdasarkan rumus effect size diperoleh 1,1. Pada tabel interpretasi nilai Cohen’s nilai 1,1 sama dengan 86 %, yang menunjukkan besar pengaruh metode peer tutoring terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212162 AGUSTINA KHOIRRU RIZKA |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |