PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN KOTA BLITAR

TOYIBHATUL MUNAWAROH, 126201212149 (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (929kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas X di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Toyibhatul Munawaroh, NIM. 126201212149, pembimbing Ibu Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci: Media wordwall, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena ketika terdapat beberapa peserta didik yang kurang dalam memperhatikan materi di MAN Kota Blitar. Alasannya adalah rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dampak yang akan didapatkan oleh peserta didik karena rendahnya minat belajar adalah pada hasil belajar yang turun. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran berbasis media wordwall terhadap minat belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN Kota Blitar? (2) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran berbasis media wordwall terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen desain pre-test and post-test with non-equivalent control-group design. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X E9 dan E10 dengan total sampel sebanyak 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran berbasis media wordwall terhadap minat belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis independent sample t-test dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Selain itu rata-rata hasil angket minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Strategi pembelajaran yang menggunakan media wordwall mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dan penggunaan wordwall berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran berbasis media wordwall terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis independent sample t-test dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Selain itu rata-rata hasil tes hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Strategi pembelajaran yang menggunakan media wordwall mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan penggunaan wordwall berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212149 TOYIBHATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 26 Jul 2025 01:48
Last Modified: 26 Jul 2025 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item View Item