PUPUT YULIA GALUH PRATIWI, 126206212057 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOARD UNTUK MENINGKATKAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA 1 KRESIKAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
DARTAR ISI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang maksimalnya stimulasi koordinasi mata dan tangan pada anak usia 5-6 tahun sehingga anak belum mampu membuka bungkus jajan sendiri dan selalu meminta bantuan dari orang lain. Maka dari itu peneliti mengembangkan media busy board yang dapat digunakan sebagai media untuk menstimulasi koordinasi mata dan tangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media busy board untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak usia dini?. (2) Bagaimana kelayakan media busy board untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak usia dini?. (3) Bagaimana uji efektivitas media busy board untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak usia dini?. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D milik Thiagarajan yang memiliki 4 langkah yaitu pendefinisian yaitu mengidentifikasi masalah dan tujuan, perancangan yaitu merancang media, pengembanga yaitu membuat dan menguji media, penyebarluasan yaitu menyebarluaskan media. Subjek penelitian merupakan anak usia 5-6 tahun atau kelompok B yang berjumlah 25 anak. 12 anak perempuan dan 13 anak laki-laki yang dibagi rata yaitu 6 anak mengikuti uji coba kelompok kecil dan 19 anak mengikuti uji coba kelompok besar. Hasil dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil kelayakan melalui uji kevalidan dari para ahli materi, ahli media, dan ahli koordinasi mata dan tangan dengan interpretasi “Sangat valid (digunakan tanpa revisi)”. Serta kelayakan media berdasarkan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar yang menyatakan adanya perbedaan antara tahap satu dan tahap dua. Hasil uji coba kelompok kecil pretest mendapatkan rata-rata nilai 73,33% dengan kategori “layak” hasil dari posttest mendapatkan rata-rata nilai 91,04% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba kelompok besar pretest mendapatkan rata-rata nilai 76,90% dengan kategori “layak” dari hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata 91,11% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji efektivitas menggunakan N-Gain (g) uji coba kelompok kecil dan besar memperoleh nilai sama yaitu 0,6 yang diinterpretasikan dalam kategori “Sedang” menunjukkan bahwa media busy board cukup efektif dalam meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212057 PUPUT YULIA GALUH PRATIWI |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |