IMPLEMENTASI KEGIATAN RUTINAN DZIKRUL GHOFILIN DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAWDAH AL-QUR’ANIYYAH TULUNGAGUNG

ALVIN HAIDAR, 126201212172 (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN RUTINAN DZIKRUL GHOFILIN DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAWDAH AL-QUR’ANIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (594kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Rutinan Dzikrul Ghofilin Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rawdah Al-Qur’aniyyah Tulungagung” ditulis oleh Alvin Haidar, NIM 126201212172, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Dzikrul Ghofilin, Santri Pendidikan tidak hanya berfokus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai kehidupan, termasuk kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan kemampuan untuk menghadapi persoalan hidup dengan menghubungkannya pada makna yang lebih dalam, sehingga tindakan menjadi lebih bermakna. Pondok Pesantren Ar-Rawdah Al-Qur’aniyyah Tulungagung menerapkan kegiatan rutinan Dzikrul Ghofilin sebagai upaya membentuk kecerdasan spiritual santri. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan rutinan Dzikrul Ghofilin di Pondok Pesantren Ar-Rawdah Al-Qur’aniyyah Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan implikasi kegiatan rutinan Dzikrul Ghofilin terhadap pembentukan kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh pondok, asatidz, dan santri, serta dokumentasi terkait kegiatan rutinan Dzikrul Ghofilin. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan Dzikrul Ghofilin dilaksanakan setiap hari ba’da Subuh dan setiap hari Kamis pada waktu ba’da maghrib, dengan materi bacaan berupa tawassul, surah Al-Fatihah, Asmaul Husna, shalawat, dan doa. Hambatan utama dalam pelaksanaannya adalah rasa malas dan hawa nafsu, yang diatasi dengan pembiasaan dan kedisiplinan. (2) Implikasi kegiatan ini terlihat pada pembentukan kecerdasan spiritual santri, seperti sikap fleksibel, kesadaran diri yang tinggi, kemampuan menghadapi penderitaan dan rasa takut, hidup yang diilhami visi dan nilai-nilai spiritual, sikap enggan menyebabkan kerugian yang tidak perlu, cenderung melihat keterkaitan berbagai hal, menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Santri juga memiliki sikap reflektif, menahan diri dari kemaksiatan dan peka terhadap lingkungan sosial. Sehingga kegiatan rutinan Dzikrul Ghofilin berperan signifikan dalam membentuk kecerdasan spiritual santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212172 ALVIN HAIDAR
Date Deposited: 26 Jul 2025 03:18
Last Modified: 26 Jul 2025 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60057

Actions (login required)

View Item View Item