KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR

RAGIL SUSANTI, 12201193365 (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (284kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BABA VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)

Abstract

Skripsiِ denganِ judulِ “Kompetensiِ Profesionalِ Guruِ Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MAN Kota Blitar”ِ iniِ ditulis oleh Ragil Susanti, NIM. 12201193365, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dimana guru saat ini dianggap tidak seperti guru pada zaman dahulu yang dianggap memiliki kompetensi profesional yang baik dikarenakan outputnya yaitu pada hasil belajar peserta didik dinilai menurun jika dibandingkan dengan peserta didik pada zaman dahulu. Sehingga peneliti ingin mengetahui apakah hal tersebut disebabkan oleh faktor kompetensi profesional guru ataukah dari faktor peserta didiknya ataukah dari faktor keduanya. Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif analitik. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan beeberapa teknik seperti perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar antara lain: dengan cara diklat, pelatihan di sekolah ataupun diluar sekolah, membentuk MGMP, membentuk forum diskusi online dan usaha belajar secara mandiri 2) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar antara lain: media cetak dan media elektronik. Media cetak antara lain buku LKS, nuku paket, permainan kartu, sedangkan media elektronik antara lain E-Book, slide PPT menggunakan LCD dan proyektor, video pembelajaran serta pemanfaatan internet. 3) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN Kota Blitar antara lain: a) guru menggunakan berbagai metode yang beragam dalam mengajar diantaranya adalah belajar mandiri, diskusi, ceramah. Peneliti memberikan rekomendasi kepada peneliti yang akan datang untuk melakukan penelitian yang serupa guna untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini yaitu pada subjek penelitian pada guru pendidikan agama Islam selain guru Akidah Akhlak dan Al-Qur’anِHadis,ِkemudianِpadaِindikatorِkompetensiِ profesional guru, pada indikator sub bab hasil belajar peserta didik, dan masih banyak lagi yang perlu dikembangkan pada masa yang akan datang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193365 RAGIL SUSANTI
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:22
Last Modified: 01 Aug 2025 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60119

Actions (login required)

View Item View Item