MUCH. CHAMALUDIN KAMIL, 1880505220007 (2025) PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS (Studi Multisitus di MI Al Quran Jabalkat dan SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (924kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karaker Religius (Studi Multisitus di MI Al-Qur’an Jabalkat dan SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Much. Chamaludin Kamil, NIM. 1880505220007, dengan pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya karakter yang dimiliki anak anak sekarang, banyak sekali anak anak yang kurang disiplin baik disiplin waktu ataupun disiplin kegiatan. Upaya pembentukan karakter-karakter tersebut dapat dioptimalisasi dengan adanya progam tahfidz al-quran dimana dalam pelaksanaan progam ini santri bisa di tekan kan kepada karakter disiplin, tanggung jawab dan kejujuran. Alasan dasar pembentukan karakter religius melalui menghafal al-Qur’an ialah karena orang yang mempelajari al-Qur’an dan menghafalnya akan dimuliakan Allah SWT, baik didunia maupun diakhirat. Orang yang menghafal tidak hanya dituntut untuk mengaji, tetapi sikap mereka juga harus mencerminkan apa yang ada di dalam al-Qur’an. Lembaga pendidikan yang menerapkan program Tahfidzul Qur’an diantaranya yaitu MI al-Qur’an Jabalkat Sambijajar dan SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Tujuan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih keilmuan tentang (1) program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter Religius kejujuran di MI Al Quran Jabalkat dan SDI Bayanul Azhar; (2) program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter Religius tanggungjawab di MI Al Quran Jabalkat dan SDI Bayanul Azhar; (3) program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter Religius disiplin di MI Al Quran Jabalkat dan SDI Bayanul Azhar. Metode Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisus. Studi dilakukan dengan kajian induktif sesuai data di lapangan yang hasil temuannya menyimpulkan bahwa terdapat tiga karakter religius utama yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan mulai dari analisis data tunggal dan analisis data multisus. Selanjutnya guna memperoleh hasil yang akurat Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara: Triangulasi (Perbandingan data). Hasil penelitian ini adalah (1) Program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter kejujuran dilakukan dengan mengajarkan peserta didik untuk jujur pada perkataan, perbuatan, kemauan, dan pendirian sesuai ajaran Islam dalam menghafal, menulis hasil hafalan di jurnal muroja’ah sesuai dengan kenyataan, serta menasehati anak untuk sesuai yang diperintahkan dalam al-Qur’an. (2) Program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter tanggung jawab dilakukan dengan memberikan tanggung jawab untuk menghafal ayat-ayat al-Qur’an, menyetorkan hafalan tersebut sesuai dengan target dan waktu yang sudah ditentukan, menjaga hafalannya, membimbing dan mengarahkan siswa untuk menjaga, muroja'ah hafalannya baik dilingkungan sekolah maupun di rumah. (3) Program Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter disiplin dilakukan dilakukan di waktu yang sudah ditentukan secara konsisten, peserta didik hadir tepat waktu dan mengikuti prosedur setoran dan hafalan sesuai dengan kebijakan dalam program tahfidz al-Qur’an, pemberian reward bagi peserta didik yang disiplin, sedangkan punishment bagi peserta didik yang kurang disiplin.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220007 MUCH. CHAMALUDIN KAMIL |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |