LAILY HIKMATUL HASANAH, 126203212127 (2025) THE EFFECTIVENESS OF USING LANGUAGE REACTOR EXTENSION TOOLBOX ON STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY MASTERY AT MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (779kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasanah, Hikmatul Laily. Nomor Induk Mahasiswa . 126203212127. 2025. The Effectiveness of Using Language Reactor Extension Toolbox on Students' English Vocabulary Matery at MTsN 2 Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Nanik Sri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Pengajaran Media, Kosakata, Language Reactor Kosakata adalah aspek yang paling penting dalam belajar bahasa Inggris, dan siswa harus menguasainya untuk dapat berkomunikasi dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis. Mengajarkan kosakata lebih dari sekedar menyajikan kata baru. Banyak guru telah menggunakan berbagai metode dan strategi untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu membantu siswa memahami, mempelajari, dan mengingat kosakata dengan lebih mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan reaktor bahasa. Language Reactor memiliki fitur subtitle ganda yang terhubung ke Netflix atau YouTube, kamus pop-up, pompa frasa, dan kata yang disimpan, yang menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik yang mendorong minat siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada perbedaan yang signifikan pada skor kosakata siswa dengan dan tanpa diajar menggunakan Language Reactor Extension Toolbox di kelas delapan MTsN 2 Tulungagung?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada nilai kosakata siswa dengan dan tanpa diajar menggunakan Language Reactor Extension Toolbox di kelas delapan MTsN 2 Tulungagung. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung yang berjumlah 348 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-D dan VIII-E yang masing-masing terdiri dari 32 siswa, dimana kelas VIII-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan program SPSS Statistics 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai rata-rata 88,13 untuk kelompok eksperimen dan 56,88 untuk kelompok kontrol. Lebih lanjut, hasil uji Independent Sample T-Test (Sig. 2-tailed) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih rendah dari taraf signifikansi standar 0,05 (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor kosakata siswa dengan dan tanpa diajar menggunakan Language Reactor Extension Toolbox di kelas delapan MTsN 2 Tulungagung. Dengan demikian, penggunaan Language Reactor Extension Toolbox dianggap efektif dan dapat digunakan sebagai media inovatif untuk mengajarkan kosakata.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | 126203212127 LAILY HIKMATUL HASANAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |