IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

ARIS ISLATUL HASANAH, 2817133012 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (706kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Aris Islatul Hasanah, NIM. 2817133012, pembimbing Muhamad Zaini M.A. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Proses Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013 yang kurang lebih selama empat tahun diterapkan didalam proses pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Kurikulum 2013 memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 dikembangkan dengan tujuan menyeimbangkan soft skills dan hard skills yang berupa sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Memaparkan proses pembelajaran Kurikulum 2013 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung (2) Memaparkan hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung (3) Memaparkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan datanya adalah dengan wawancara kepada guru MIN Pandansari, mengamati lokasi penelitian serta kegiatan pembelajaran, dan menganalisis beberapa dokumentasi/arsip yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung: (1) kegiatan perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menyusun perangkat dan media pembelajaran (2) kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah (3) penilaian hasil belajar peserta didik menggunakan penilaian autentik (4) alokasi waktu yang ditentukan tidak mewadahi seluruh materi yang harus disampaikan dan penilaian yang harus dilakukan (5) guru kesulitan mengarahkan peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran (6) guru belum terbiasa dengan penilaian autentik (7) guru mencari informasi mengenai proses pembelajaran Kurikulum 2013 melalui internet (8) guru menggunakan sebagian waktu pembiasaan peserta didik untuk memenuhi kekurangan alokasi waktu (9) guru mencoba berbagai metode untuk memotivasi peserta didik agar aktif dalam kegiatan pembelajaran (10) guru saling bekerjasama dan saling membantu dalam setiap proses pembelajaran Kurikulum 2013.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133012 ARIS ISLATUL HASANAH
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:09
Last Modified: 14 Sep 2017 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item