STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK

WIJI TRIUTAMI, 2817133204 (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek” ini ditulis oleh Wiji Triutami, NIM: 2817133204, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Tahun 2017 yang dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Aqidah Akhlak. Guru senantiasa berharap agar peserta didiknya dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang menunjukkan gejala-gejala tidak dapat mencapai hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Apalagi ditambah dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan peserta didik mengalami berbagai hambatan dan kesulitan belajar yang dapat membawa dampak negative baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan, khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dari latarbelakang itulah penulis melakukan penelitian mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas III di MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa jenis kesulitan belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? (2) Apa faktor penyebab kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. (2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas III MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak kelas III, dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mencari data dengan cara melakukan dialog secara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung apa yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan yang sebenarnya. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III yaitu kesulitan dalam membaca dan menulis huruf arab, kesulitan dalam menghafal, dan kurangnya pemahaman serta penerapan atau pengamalan materi ke dalam kehidupan sehari-hari. (2) Faktor penyebab kesulitan belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas III yaitu berupa faktor intern yang meliputi kurangnya minat atau kesadaran untuk mempelajari Aqidah Akhlak, motivasi belajar yang rendah, tingkat kecerdasan sebagian anak yang rendah, dan faktor ekstern yang meliputi lingkungan yang kurang mendukung serta disiplin sekolah. (3) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Aqidah Akhlak kelas III yaitu penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif, kegiatan pembiasaan yang dilakukan pagi hari sebelum pelajaran dimulai, memberikan bimbingan belajar/jam tambahan, pembelajaran remedial serta penataan ruang kelas yang nyaman untuk belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133204 WIJI TRIUTAMI
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:28
Last Modified: 14 Sep 2017 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item