SALIS DEVITA SARI, 2817133174 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS I MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (494kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek” ini ditulis oleh Salis Devita Sari, NIM. 2817133174, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas dan penelitian ini sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap obsrvasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek yang terdiri atas 8 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunkan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Aqidah Akhlak , respon peserta didik, keadaan peserta didik, dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Al Asmaul Husna. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan prosesntase rata-rata 69,33% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 89,33%. Kemudian, juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosesntase rata-rata 67,5% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 80%. Sedangkan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 53,68 dengan prosentase ketuntasan 26,31% , dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 61,05 dengan prosentase ketuntasan 52,63% dan setelah siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 81,57 dengan prosentase ketuntasan 89,47%. Dengan demian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas I MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133174 SALIS DEVITA SARI |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 07:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6046 |
Actions (login required)
View Item |