PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI RELASI FUNGSI KELAS VIII MTsN 9 BLITAR

ROFI NASTIAR AFANDI, 126204211083 (2025) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI RELASI FUNGSI KELAS VIII MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Matematis pada Materi Relasi Fungsi Siswa Kelas VIII MTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Rofi Nastiar Afandi, NIM. 126204211083, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Kecemasan Matematika, Pemahaman Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih tingginya tingkat kecemasan siswa terhadap mata pelajaran matematika, yang secara umum dipersepsikan sebagai bidang studi yang sulit, abstrak, serta sarat dengan simbol, angka, dan prosedur formal. Kecemasan terhadap matematika (mathematics anxiety) mencakup aspek somatik, kognitif, dan sikap, yang secara signifikan dapat memengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Berbagai studi menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kecemasan cenderung memiliki motivasi rendah, menghindari aktivitas matematis, dan mengalami hambatan dalam memahami konsep-konsep dasar. Namun demikian, kemampuan pemahaman matematis merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika dan berperan strategis dalam mendukung keterampilan pemecahan masalah baik dalam konteks akademik maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman matematis siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar pada materi relasi dan fungsi, serta mengetahui seberapa besar kecemasan matematika mempengaruhi pemahaman matematis pada materi relasi fungsi siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII di MTsN 9 Blitar, sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII E dan VIII F. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket kecemasan matematika dan tes pemahaman matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman matematis siswa pada materi relasi fungsi siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Besar pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman matematis siswa pada materi relasi fungsi kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar yaitu 35,4 % dan 64,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika memberikan pengaruh negatif terhadap pemahaman matematis siswa. Oleh karena itu, diperlukan peran strategis pendidik dalam merancang pembelajaran yang responsif melalui penciptaan lingkungan belajar yang suportif, penerapan metode bervariasi, serta bimbingan belajar guna meningkatkan pemahaman matematis secara optimal

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211083 ROFI NASTIAR AFANDI
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:44
Last Modified: 15 Aug 2025 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60489

Actions (login required)

View Item View Item