PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IX SEMESTER I TAHUN AJARAN 2023/2024 SMPN 1 BOYOLANGU

QINTANA ZAHROTUN NISA, 1880512220019 (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IX SEMESTER I TAHUN AJARAN 2023/2024 SMPN 1 BOYOLANGU. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IX Semester I Tahun Ajaran 2023/2024 SMPN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Qintana Zahrotun Nisa, NIM. 1880512220019, pembimbing I Dr. Muniri, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Berpikir Kreatif. Dalam menyelesaikan soal Matematika peserta didik hanya mengerjakan dengan cara yang sudah dijelaskan oleh guru. Sehingga memberikan dampak pada rendahnyanya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Buku ajar ini dikembangkan sebagai bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan membantu memudahkan guru dalam hal mencari referensi untuk sumber belajar peserta didik pada materi pembelajaran Matematika kelas IX semester I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas Buku Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IX Semester I Tahun Ajaran 2023/2024 SMPN 1 Boyolangu. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Boyolangu dengan subjek penelitian kelas IX-A, IX-B, dan IX-C. Data awal ini diperoleh melalui observasi, wawancara, validasi ahli, angket respon peserta didik, serta hasil uji coba kelompok kecil, dan kelompok besar. Kemudian data dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi buku ajar. Hasil dari uji validasi oleh ahli media, menunjukkan buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan presentase 89%. Hasil uji validasi oleh ahli materi, menunjukkan buku ajar yang dikembangkan cukup valid dengan presentase sebesar 75,55%. Dan berdasarkan uji kepraktisan oleh guru mata pelajaran Matematika menunjukkan presentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil uji coba keefektifan buku ajar menunjukkan 90,15%. Dan selisih antara uji coba kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan adanya perubahan yang Lebih baik. Setelah dilakukan selisih dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas IX semester I.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220019 QINTANA ZAHROTUN NISA
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:11
Last Modified: 08 Aug 2025 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60665

Actions (login required)

View Item View Item