TARIZA AMALIA SYLVI TRISNA DEWI, 126212212041 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini di dasarkan pada tingkat literasi sains di Indonesia yang masih rendah, hal ini didasarkan pada hasil study Programme for International Student Assessment (PISA) serta masih banyaknya buku ajar kimia pada materi asam basa yang lebih mengarah kepada penanaman konsep dan perhitungan kimia, sementara aspek literasi masih terabaikan. Upaya yang dilakukan untuk melatih kemampuan literasi sains di sekolah adalah dengan mengembangkan suatu sumber belajar berupa modul elektronik yang bermuatan literasi sains seperti menerapkan pendekatan pembelajaran Socio Scientific Issues (SSI). Oleh karena itu diperlukan pengembangan E-Modul Kimia Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul pembelajaran kimia berkonteks SSI untuk melatih kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa, 2) Untuk mengetahui kelayakan dari E-Modul pembelajaran kimia berkonteks SSI untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi asam basa yang telah dikembangkan, 2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar E-Modul pembelajaran kimia berkonteks SSI untuk melatih kemampuan literasi sains pada materi asam basa yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pembelajaran 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Hal ini dilakukan karena kebutuhan penelitian untuk mengefisiensi waktu, biaya, serta tenaga. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket karakteristik peserta didik, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Uji validitas dilakukan oleh Dosen Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Guru Kimia sebagai ahli materi dan ahli media. Sedangkan subjek uji coba yang dilakukan yaitu siswa kelas XII IPA 2 MA Sunan Kalijogo Kediri sebanyak 26 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) E-Modul kimia berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk melatih kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa yang dikembangkan sesuai dengan proses pengembangan 3D, 2) hasil validasi oleh ahli materi dengan presentase penilaian rata-rata sebesar 86,95% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi oleh ahli materi dengan presentase penilaian rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat valid, 3) Respon siswa terhadap E-Modul mendapatkan presentase penilaian rata-rata sebesar 90,68% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212212041 TARIZA AMALIA SYLVI TRISNA DEWI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |