INTAN ALFINA SANATIN, 126204211036 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar E-modul menggunakan flipbook Materi Bentuk Aljabar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsn 8 Blitar” telah ditulis oleh Intan Alfina Sanatin, NIM. 126204211036, dan dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Flipbook, Hasil Belajar, Bentuk Aljabar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam waktu yang cukup singkat sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Hal tersebut dikarenakan kurang lengkapnya catatan mereka akibat ketertinggalan karena waktu pembelajaran yang berjalan cepat. Hal tersebut juga mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi, sehingga peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar bersifat elektronik agar tidak monoton. Bahan ajar tersebut berbentuk flipbook karena lebih berbeda juga didalamnya dapat memuat multimedia pembelajaran sehingga siswa dapat belajar sesuai keinginannya. Dengan adanya bahan ajar ini siswa dapat melengkapi catatannya di rumah sambil belajar secara mandiri guna memudahkan mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika juga pemahaman materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar E-modul menggunakan flipbook materi bentuk aljabar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 8 Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif, dan statiktik inferensial menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pengembangan bahan ajar E modul menggunakan flipbook telah disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE. 2) Tingkat kevalidan bahan ajar E-modul menggunakan flipbook menunjukkan angka 91,66% untuk ahli materi, dan 87,5% untuk ahli media dengan kategori “Sangat Valid”. 3) Tingkat kepraktisan bahan ajar E-modul menggunakan flipbook menunjukkan kategori “Sangat Praktis” dengan persentase 83,75%. 4) Bahan ajar E-modul menggunakan flipbook efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 8 Blitar, dengan respon siswa yang menunjukkan hasil “Sangat Baik” pada persentase 79,59%. Berdasarkan soal tes menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan sehingga dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211036 INTAN ALFINA SANATIN |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 00:45 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 00:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |