NABILA PUTRI MAHANANI, 126206212039 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN JARI PINTAR (PANJAPIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL HIDAYAH TLUMPU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Papan Jari Pintar (PANJAPIN) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Hidayah Tlumpu Kota Blitar” ditulis oleh Nabila Putri Mahanani, NIM 126206212039. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bawah bimbingan Bapak Ahmad Mushlih M.Pd,. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran PANJAPIN, Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran di TK Al Hidayah Tlumpu Kota Blitar, di mana kegiatan belajar didominasi oleh penggunanan media sederhana seperti dadu, lidi, daun kering. Keterbatasan ini menghambat proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, anak usia 5-6 tahun masih banyak yang menghadapi kesulitan dalam menguasai kemampuan berhitung permulaan, khususnya penjumlahan dan pengurangan, mengingat usia 5-6 tahun merupakan usia yang memerlukan persiapan menuju jenjang pendidikan selanjutnya, peneliti mengembangkan media Papan Jari Pintar (PANJAPIN) untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pengembangan media papan jari pintar (PANJAPIN) dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Tlumpu Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas produk media papan jari pintar (PANJAPIN) dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Tlumpu Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Validasi desain dilakukan oleh dua dosen ahli (ahli materi dan ahli media) serta satu guru kelas ahli (ahli praktisi). Uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali, yakni uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Papan Jari Pintar (PANJAPIN) memperoleh tingkat validasi yang sangat layak. Validasi ahli materi memperoleh 100%, Validasi ahli media memperoleh 100% dan Validasi ahli praktisi memperoleh 96%. Hasil yang didapat pada uji keefektivitasan saat penerapan penggunanan media Papan Jari Pintar (PANJAPIN) pada kelompok kecil menunjukan nilai 0,434 maka dapat dikategorikan cukup efektif, sedangkan pada kelompok besar 0,5779 maka dapat dikategorikan cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunanan media Papan Jari Pintar (PANJAPIN) yang diterapkan pada anak usia 5-6 tahun ini dapat dibilang cukup efektif dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan, khususnya penjumlahan dan pengurangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212039 NABILA PUTRI MAHANANI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |