INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN WUDHU BAGI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN HABITUASI SESUAI SYARIAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG

INDRA JAYA WARDANA, 126201213302 (2025) INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN WUDHU BAGI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN HABITUASI SESUAI SYARIAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Wudhu Bagi Peserta Didik Melalui Kegiatan Habituasi Sesuai Syariat pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Indra Jaya Wardana, NIM. 126201213302, dengan pembimbing Bapak Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Internalisasi, Disiplin, Wudhu, Kegiatan Habituasi, Syariat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di sekolah kerap kali ditemukan peserta didik yang kurang sempurna dalam melaksanakan wudhu. Beberapa peserta didik masih kurang paham dan bahkan terlalu menganggap remeh mulai dari tata cara wudhu hingga keutamaannya. Sehingga, penting sekali untuk menginternalisasikan nilai karakter disiplin terkhusus pada ilmu keagamaan pada peserta didik. Dalam proses untuk menginternalisasikan nilai tersebut, terdapat mata pelajaran fiqih yang menjadi salah satu perantara sebagai respon untuk solusi yang bisa diterapkan. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung?; (2) bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung?; dan (3) bagaimana evaluasi internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung? Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) mendeskripsikan perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung; (2) mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung; dan (3) mendeskripsikan evaluasi dari internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang menganalisis data dalam langkah: pengumpulan data (data collection), penyajian data (data display), kondensasi data (data condensation), dan penarikan kesimpulan (conclusions: drawing/verivying). Sedangkan, pengecekan keabsahan data menggunakan: uji kredibilitas (credibility) dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) penetapan tujuan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat, b) perumusan keadaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat, dan c) identifikasi kemudahan dan hambatan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat. (2) Pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) tahap transformasi nilai, b) tahap transaksi nilai, dan c) tahap trans-internalisasi. (3) Evaluasi internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) evaluasi diagnostik dan b) evaluasi tagihan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213302 INDRA JAYA WARDANA
Date Deposited: 12 Aug 2025 00:42
Last Modified: 12 Aug 2025 00:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60827

Actions (login required)

View Item View Item