INDRA JAYA WARDANA, 126201213302 (2025) INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN WUDHU BAGI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN HABITUASI SESUAI SYARIAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Wudhu Bagi Peserta Didik Melalui Kegiatan Habituasi Sesuai Syariat pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Indra Jaya Wardana, NIM. 126201213302, dengan pembimbing Bapak Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Internalisasi, Disiplin, Wudhu, Kegiatan Habituasi, Syariat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di sekolah kerap kali ditemukan peserta didik yang kurang sempurna dalam melaksanakan wudhu. Beberapa peserta didik masih kurang paham dan bahkan terlalu menganggap remeh mulai dari tata cara wudhu hingga keutamaannya. Sehingga, penting sekali untuk menginternalisasikan nilai karakter disiplin terkhusus pada ilmu keagamaan pada peserta didik. Dalam proses untuk menginternalisasikan nilai tersebut, terdapat mata pelajaran fiqih yang menjadi salah satu perantara sebagai respon untuk solusi yang bisa diterapkan. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung?; (2) bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung?; dan (3) bagaimana evaluasi internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung? Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) mendeskripsikan perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung; (2) mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung; dan (3) mendeskripsikan evaluasi dari internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang menganalisis data dalam langkah: pengumpulan data (data collection), penyajian data (data display), kondensasi data (data condensation), dan penarikan kesimpulan (conclusions: drawing/verivying). Sedangkan, pengecekan keabsahan data menggunakan: uji kredibilitas (credibility) dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) penetapan tujuan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat, b) perumusan keadaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat, dan c) identifikasi kemudahan dan hambatan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat. (2) Pelaksanaan internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) tahap transformasi nilai, b) tahap transaksi nilai, dan c) tahap trans-internalisasi. (3) Evaluasi internalisasi nilai karakter disiplin wudhu bagi peserta didik melalui kegiatan habituasi sesuai syariat pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Tulungagung meliputi: a) evaluasi diagnostik dan b) evaluasi tagihan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201213302 INDRA JAYA WARDANA |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 00:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 00:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |