LINA KHOIRUN NISA’, 126204211046 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB III (2).pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesebangunan Kelas VII MTsN 2 Blitar” yang ditulis oleh Lina Khoirun Nisa’, NIM 126204211046, dengan pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Predict Observe Explain, Video Interaktif, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika karena materi matematika dianggap sulit sehingga hasil belajar peserta didik belum maksimal. Hal ini disebabkan dalam pemilihan model pembelajaran, pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Selain itu, pendidik belum menggunakan media pembelajaran sehingga membuat peserta didik merasa bosan, tidak tertarik, kurang aktif, dan mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan pemilihan model pembelajaran dan media yang tepat. Salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan video interaktif. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi kesebangunan kelas VII MTsN 2 Blitar, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi kesebangunan kelas VII MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Blitar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji T-test Independent dan uji Cohen’s Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yaitu uji Independent Sample T- test diperoleh nilai signifikansi dengan nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan diatas menggunakan rumus Cohen’s d nilai Effect Size diperoleh sebesar 1,117 dan termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211046 LINA KHOIRUN NISA' |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:11 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |